Wednesday, April 27, 2011

Museum Sudirman, Magelang

Hari Jumat libur paskah 2011, saya jalan jalan dengan pacar saya, Rina untuk memutar mutar kota Magelang. Dan salah satu tujuan kami adalah Museum Sudirman yang ada di Jl. Ade Irma Suryani, C7, kompleks Taman Badaan Magelang.

Museum ini adalah salah satu Museum yang ada di Magelang yang kini kepengurusannya di pegang oleh DISPORABUDPAR Kota Magelang. Sebelumnya dipegang oleh DEPARTEMEN PERTAHANAN.
Museum ini kondisinya sepi , setiap harinya juga saya lihat selalu sepi pengunjung (kenapa ya?)

sekilas informasi

Rumah ini adalah tempat tinggal Jenderal Sudirman setelah pensiun sebagai Panglima TNI (waktu itu Angkatan Perang Republik Indonesia). Lokasi ini merupakan lokasi yang nyaman dan asri untuk beristirahat sembari menjalani perawatan dari dokter pribadinya. Hingga akhirnya beliau juga wafat di tempat ini dan akhirnya dikebumikan di Makan Pahlawan Semaki Yogyakarta.

Begitu masuk, kami disuguhi sebuah patung panglima pertama TNI ini, patung setengah badan dengan warna emas. Masuk pintu, kami disuguhi beberapa foto foto perjuangan dan bekas ruang tamu dengan meja kursi yang tampak kuno. Akhirnya kami disambut oleh Mas Ardani, petugas penjaga museum ini. Kami mengobrol ringan sembari menikmati koleksi Museum ini. Di ruangan selanjutnya dapat dijumpai bekas ruang makan, bekas ruang dokter pribadi, dengan replika tandu yang dahulu digunakan saat Jenderal Sudirman mengomando perang walaupun saat kondisi sakit paru paru yang sangat parah.
kemudian, ada kamar dengan sebuah ranjang dimana dahulu adalah tempat tidur dan sekaligus tempat wafatnya beliau. Memasuki kamar ini, kami harus melepas alas kaki.Di bagian belakang, ada sebuah meja yang dahulu digunakan untuk memandikan jenazah Panglima Besar Jenderal Sudirman.

Sebelum kami meninggalkan Museum ini, kami mengisi buku tamu. Tidak dipungut biaya untuk berwisata di Museum ini..

berikut adalah data biografi Jenderal Sudirman
Nama:
Jenderal Sudirman
Lahir:
Bodas Karangjati, Purbalingga, 24 Januari 1916
Meninggal:
Magelang, 29 Januari 1950

Agama:
Islam
Pendidikan Fomal:
- Sekolah Taman Siswa
- HIK Muhammadiyah, Solo (tidak tamat)
Pendidikan Tentara:
Pembela Tanah Air (Peta) di Bogor
Pengalaman Pekerjaan:
Guru di HIS Muhammadiyah di Cilacap
Pengalaman Organisasi:
Kepanduan Hizbul Wathan
Jabatan di Militer:
- Panglima Besar TKR/TNI, dengan pangkat Jenderal
- Panglima Divisi V/Banyumas, dengan pangkat Kolonel
- Komandan Batalyon di Kroya
Tanda Penghormatan:
Pahlawan Pembela Kemerdekaan
Meniggal:
Magelang, 29 Januari 1950
Dimakamkan:
Taman Makam Pahlawan Semaki, Yogyakarta

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...