Saturday, March 23, 2013

Olympus Has Fallen - Film Review




Jumat kemarin saya nonton film Olympus Has Fallen. Film yang beberapa waktu lalu saya lihat trailernya waktu saya nonton film Belenggu. Dan sebelum awal bulan, disaat uang persediaan mulai menipis, film ini ternyata sudah muncul jadwalnya di harian Suara Merdeka. Dan di kupas di rubrik Sinema pula.

Akhirnya saya pun nonton sendirian. Ya, sendirian. Kegiatan yang akhir akhir ini sering saya lakukan disaat status single ini menempel :P

Film ini dimulai dengan drama emosional yaitu sebuah kecelakaan arak arakan mobil kepresidenan yang menewaskan istri sang presiden Amerika Serikat. Setelah itu penonton diloncatkan 8 bulan kemudian dengan setting di Gedung Putih yang terjadi serangan udara oleh pesawat tak dikenal. Sementara itu Presiden Asher yang sedang mengadakan pertemuan dengan Perdana Menteri Korea Selatan akhirnya tertangkap dan di sandera oleh teroris.

Lakon film ini adalah Mike Banning, seorang ‘bekas’ pengawal presiden dengan background militer yang mumpuni dan mengadakan penyusupan ke Gedung Putih yang sudah luluh lantak oleh teroris dan Presiden Asher sendiri di tawan di dalam bunker.
Inti dari film ini adalah ketegangan antara kubu Amerika Serikat dengan Korea Utara. Di satu sisi, film ini sepertinya memuat unsur propaganda politik dimana Korea Utara meminta penarikan pasukan yang ditempatkan di Laut Jepang. Jika tidak, maka fasilitas nuklir AS akan dihancurkan dan hal itu akan menghancurkan AS sendiri.
Dari sisi cerita, setting waktunya hanya sebentar saja. Mirip film The Raid yang hanya satu malam. Jalan ceritanya cukup rapi, dan adegan adegan meluluh lantakkan gedung putih ini menjadi daya tarik tersendiri mengingat Gedung Putih ini merupakan pusat dari negara adikuasa Amerika Serikat. Dan suasana emosional juga lumayan terasa. Film ini agak berat. Tapi secara umum, film ini menurut saya layak tonton.

Jadi gimana, apakah Mike Banning akhirnya berhasil menyelamatkan Presiden Asher?

3 comments:

  1. penggemar film juga, udah nonton man of steel belum kak :D..

    ReplyDelete
  2. @dsukmana :

    Hehe. Iya nih. Man of Steel kebetulan blm nonton karena akhir akhir ini keuangan sedang padat :p

    Terimakasih kunjungannya

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...