Thursday, March 7, 2013

Diklat Bendahara Daerah Kabupaten Semarang 2013

Pagi itu segar sekali. Saya masih merasa sedikit capek habis melakukan perjalanan motor sepagi ini dari rumah dan tepat pukul 6.30 ini saya sudah sampai di Gedung Monumen PKK, Jl. Letjend Suprapto Ungaran. Hari ini saya dan 39 peserta dari beberapa SKPD di Kabupaten Semarang bakal mengikuti Diklat Bendahara Daerah.
Acara ini dibuka oleh Pak Bupati, dr. Mundjirin dan selanjutnya untuk 8 hari kedepan, dipandu oleh Widyaiswara dari Badan Diklat Propinsi Jawa Tengah.

Materi hari pertama adalah Tuntutan Perbendaharaan dan Tuntutan Ganti Rugi (TPTGR) yang di pandu oleh Pak Irawan Rumekso, MM. Pada intinya Tuntutan Perbendaharaan adalah tuntutan yang diajukan kepada bendahara yang melakukan hal yang merugikan keuangan negara. Sedangkan Tuntutan Ganti Rugi adalah tuntutan yang diajukan kepada pegawai negeri yang melakukan hal yang merugikan keuangan negara, dan pegawai negeri tersebut bukan berstatus bendahara.

Hari kedua sampai kelima, materinya adalah Penatausahaan Keuangan Daerah yang dipandu oleh Pak Djoko Triwiyatno, M.Si. Saya suka sekali cara mengajar beliau. Keren! Materinya simple saja. Hanya seputar perencanaan, penatausahaan, dan pertanggunjawaban keuangan daerah. Inti teknisnya adalah supaya bendahara bisa menyusun / membantu menyusun dokumen dokumen yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan daerah seperti penyusunan RKA, DPA, SPP UP-LS-GU-TU, dan menyusun SPJ. Ya itu saja sih!

Sedangkan dihari terakhir, materinya adalah Perpajakan yang disampaikan oleh tim dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama Salatiga. Kurang lebih materinya adalah pengantar perpajakan dan pajak pajak yang berkaitan dengan keuangan daerah. 

Akhirnya tiba juga saatnya penutupan dan saat dibacakan urutan perolehan rangking 10 besar, saya bersyukur bisa mendapat peringkat 2 dari 40. Alhamdulillah .. :) akhirnya selesai juga acara menyenangkan yang berlangsung tanggal 25 Februari - 6 Maret 2013 ini.

nb : thanks sumbangan foto dari Mbak Hikki

Coffee Break : Everyday 10-10.15 am

Eko (dua dari kiri) Peringkat Pertama. Selamat ya! :D

Makan siang, everyday 11.30 am

Lorong itu?

Kelompok I bersama Pak Djoko Triwiyatno




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...