Monday, July 27, 2009

Kenang Kenangan Matahari Solusi HBA

Sore Sore, tanggal 27 Juli 2009

Sore ini, aku habis pulang kerja dan habis mandi. Rasanya seger, cuaca juga cerah sore ini. Tapi dikamarku ternyata cukup panas juga. Jadi aku harus nyalain kipas angin biar agak adem dikit gitu suasananya.
Nggak terasa, udah lama juga aku kerja. Pertama aku kerja aku diterima di Matahari Solusi HBA, cv. Perusahaan yang berkantor di Jalan Soekarno Hatta 14A Magelang. Hari pertama aku kerja hari senin tanggal 6 Agustus 2007. Waktu itu aku masih ngebis dan turun di terminal tidar, baru kemudian jalan sedikit buat nyampe kantor. Teman teman kerja waktu itu mbak Restu jadi sekretaris dan sekaligus administrasi, pak Edison dan pak Haryanto yang ngurusin marketing, lalu ada Lisin dan Ikmal yang waktu itu udah hampir resign dari HBA karena mau lanjut kuliah begitu. Lalu ada mas Adi yang ngurusin masalah DR-Scanner dan OMR, dulu sih istilahnya support. Sedangkan aku waktu itu sebagai teknisi.

Di HBA, aku punya kenangan banyak sekali yang berhubungan dengan pekerjaan. Dan udah lama sekali aku ingin menuangkan kenanganku ini ke dalam sebuah tulisan seperti ini. Dan ternyata baru terwujud sore ini karena timingnya emang kayaknya pas banget.

Hari hari pertama kerja, aku masih ada training fingerprint merk FingerTec dari Jakarta. Tiga hari sudah aku di gembleng seputar troubleshooting sama Pak Dennis. Hari hari setelah itu aku masih banyak menghabiskan waktu ku di kantor dan belajar sedikit sedikit soal fingerprint. Aku masih ingat tugas pertamaku buat troubleshooting waktu itu di PD Bank Bapas Magelang. Waktu itu aku ngebis dari kantor sampe di Bapas dan lalu hari itu aku ketemu customer buat pertama kali. Hm, nggak ada yang special, tapi ternyata lumayan juga disana karena permasalahannya ternyata nggak begitu rumit. Masih di dalam kota, tugas keluarku yang kedua adalah presentasi fingerprint di SMP 4 Magelang waktu itu dengan pak Haryanto. Aku waktu itu masih kaku berbahasa Indonesia, ha ha ha.. belum terbiasa juga sih ngobrol sama orang lain pake bahasa Indonesia. Tapi alhamdulillah lancar juga hingga kemudian implementasi fingerprint pertama kaliku juga disitu. Waktu itu aku instalasi dengan Setyo, IT nya makmur jaya yang seringkali mbantuin aku. Pertama kali pergi keluar kota adalah ke SMA 1 Parakan buat troubleshooting waktu itu aku dengan mas Adi. Aku boncengan sama dia hari sabtu. Lumayan menyenangkan lah.

Memang banyak sekali kenangan kenangan dan sepertinya sudah banyak yang nggak terlalu penting kecuali beberapa yang aku anggap punya kesan di hati. Sekitar bulan November 2007, ada orderan proyek fingerprint di daerah Solo. Waktu itu ada pesanan dari Bank Daerah Karanganyar, PDAM Karanganyar dan PT. Sari Rasa Sukoharjo. Sore itu aku pulang dengan motor Astrea Prima punya kantor yang sudah seringkali aku pakai sebagai motor dinas begitu lah. Aku bawa notebook, 3 unit fingerprint, alat instalasi dan saru kardus kabel UTP. Huh, banyak banget. Paginya aku langsung bangun pagi dan jam 6an aku berangkat ke Solo dengan Arvis, temen sekolahku dulu yang hari itu emang dipocok dua hari.
Perjalanan yang menyenangkan. Tapi capek juga rasanya bawa beban sebanyak itu. Namun, kami enjoy aja. Di Maguwoharjo, ternyata ban kempes, jadi harus di tambal dulu kira kira 30 menit. Masuk di Kota Solo, ternyata kami bingung, ha ha ha.. udah sempet hampir kesasar tapi setelah Tanya sama orang arah ke Karanganyar, baru kemudian kita jalan terus dan sampai juga di Karanganyar kira kira pukul 10:30. Tujuan pertama kami adalah PDAM Karanganyar. Disana aku mencari orang yang bernama Pak Panca kabag umum. Lalu aku dikenalkan dengan pak budi orang yang ngurusin program komputernya. Hari itu aku sama temenku langsung instalasi. Yang paling susah tu pas masang paku di langit2 dan sampe keluar keringat juga. Habis itu cuci tangan dan training softwarenya. Training software tidak begitu melelahkan. Kira kira pukul 14:30 aku sudah selesai dan serah terima barang. Habis itu tujuan kita adalah ke Bank Daerah Karanganyar.

Di Bank Daerah Karanganyar mencari orang yang bernama pak Hearu. Karena orangnya lagi pergi, jadi barangnya aku titipin saja karena emang jadwal kami habis ini langsung ke Sukoharjo. Setelah tanda tangan tanda terima, aku sama temenku langsung tancap menuju Sukoharjo. Huh, agak ringan juga beban kami. Karena udah dikurangin 2 unit fingerprint. Perjalanan melewati Palur, lalu kami sempatkan makan sebentar di daerah Palur itu. Ada warung jualan ayam goring kayaknya enak juga. Habis itu kita langsung menuju ke daerah Solo Baru. Sebenernya aku nggak tau, jadi ya Tanya Tanya gitu sama orang orang. Mulai bingung tu daerah jalan Kapten Mulyadi. Aku sempet telepon sama pak Edison juga. Habis Tanya Tanya orang kita akhirnya sampai di Solo Baru. Dari situ kami cari Pasar Grogol, lalu ada bangjo ke kiri, nyari pabrik yang gerbangnya warna merah. Karena nggak ketemu, akhirnya kita balik. Ternyata gerbangnya tu nggak merah, tapi agak karatan jadi kecokelatan gitu. Aku masuk dan ternyata banyak anjing disana. Habis itu aku ketemu sama yang namanya pak Tendy. Masih muda, disitu kita hanya tuker fingerprint saja. Lalu langsung training software. Pak Tendy ini orangnya pinter. Jadi sekali training langsung lancar. Uang tukar tambah dari PT. Sari Rasa sisa 50 rb. Itu dikasihkan saja sama Pak Tendy buat aku sama temenku. Lumayan. Hehe. Kira kira jam 16:45 kita sudah register beberapa orang di Sari Rasa lalu pamit. Beban kami lumayan tinggal sedikit.
a
Sudah sore, kita cari penginapan. Melewati kompleks Solo baru dan sepanjang jalan Yos Sudarso, lalu kita ternyata jalan satu arah jadi nggak bisa belok kiri. Lurus terus lalu belok kanan, nah disana kita cari cari tempat yang kira kira standar. Akhirnya kita sampe di Hotel Kaloka. Dari luar kelihatan biasa aja. Lalu Tanya, satu malem 60 ribu udah ada exhaust sama tv. Bed dobel. Lumayan lah. Udah itu, lalu kita langung menuju kamar dan mandi. Sambil istirahat. Kira kira jam 7 malem kita keluar cari makan. Jalan aja sambil menikmati kota Solo di malam hari. Kita makan di tempat “pondok dahar” makan ayam goreng sama minum, berdua 21 ribu. Oke lah. Habis itu muter, ke warnet sebentar, baru balik hotel lagi. Nonton tv, denger musik, lalu tidur. Jam 5.30 pagi aku bangun, shalat subuh, lalu tidur lagi. Sampe jam 7an ada orang nawarin sarapan. Kita beli deh, nasi sama sayur plus satu paha ayam. 7 ribu per satu porsinya. Sambil minum the gratisan sama snack dari hotel. Lalu jam 8.30 kita langsung go ke Bank Daerah Karanganyar.

Jam 9.30an kita udah sampai di karanganyar. Lalu langsung aja kita training mesin absent sama Pak Narko. Ditengah tengah acara kita diajak makan di sebuah kantin deket sama Bank nya itu. Sampai sekitar jam 3 sore, lalu kita baru masang kabel buat kabel data absensi. Haduh, lewat atas plavon. Gemblung tenan! Tapi nggak apa apa. Sekitar jam 5 pekerjaanku selesai. Setelah itu kita mandi sekalian di Bank Daerah dan jam 5.40an kita cabut balik ke Magelang. Beban terasa sudah ringan. Kita naik motor bergantian yang nyetir. Sampai di delanggu, kita berhenti sebentar buat cari makan. Makan soto di pinggir jalan rasanya enak juga. Hm hm…. Habis itu langsung tancap dan akhirnya sampai rumah jam 9.30 malam. It’s a wonderful memories!

Setelah itu, masih ada 3 kali aku naik motor sendiri ke karanganyar, satu kali dengan temen kantorku widya, lalu satu kali ngebis, lalu ada satu pengalaman yang indah lagi. Jadi waktu itu aku implementasi di unit unit PDAM se Kab Karanganyar. Hari itu hari kamis. Aku berangkat ikut mobil. Namun, ternyata udah sore belum selesai. Jadi mobil pulang dan aku nginep di Hotel belakang Mal Luwes Karanganyar. Huh, Hotel yang lumayan bagus tapi murah. 50 ribu tok. Ada bednya dua. Di lantai dua. Deket lobi lantai 2. eksklusif enough. Sore itu aku ditinggal pulang. Jadi aku langsung menikmati kesendirianku. Waktu itu lagi ada pesta bulu tangkis. Jadi aku liat TV liat bulu tangkis itu. Terus malam nya aku jalan jalan ke Mal Luwes. Teryata malnya kecil. Masih biasa aja. Terus keluar dan cari makan masakan padang. Tapi ternyata nggak ada. Ya sudah akhirnya aku makan nasi goreng dan ngisi pulsa disana. Habis itu langsung back to hotel dan tidur. Paginya aku bangun jam 8 dan dijemput sama orang PDAM. Langsung aja go ke daerah Jaten, Palur, sama Kerjo. Hampir sampai sragen dan dilereng gunung Lawu. Sekalian shalat jumat disana. Pulangnya aku diajak makan sate. Lalu jam 2.30an aku naik bis dari PDAM turun di Terminal Tirtonadi. Dari Tirtonadi aku naik Eka dan turun di Muntilan. Dari situ aku ambil motor di tempat temen baru pulang. Huh. Its wonderful!

Selain ke Karanganyar, aku juga punya kenangan saat ke Kudus. Waktu itu sekitar akhir tahun 2008, aku ada proyek implementasi di Sun Motor cabang Semarang dan Sun Motor cabang Kudus. Aku berangkat pagi karena mobil kantor lagi dibengkel jadi aku naik bis. Hari itu aku turun dan janjian sama orang Sun Motor di Tugu Muda. Sampai di Tugu Muda kita dijemput sama Pak Kaswari. Orang Sun Motor Semarang. Habis itu perjalanan dan aku diajak makan siang sekalian di sebuah warung makan kawasan Jalan Anjasmoro. Habis makan selesai langsung go ke Sun Motor Semarang. Disana aku dikenalkan dengan bagian IT. Namanya pak Iwan. Sama Pak iwan ini aku ngajarin softwarenya dan setelah itu sorenya aku nggak jadi ke Kudus karena udah kesorean. Sore itu aku dianter sama Pak Iwan ke rumah temenku di daerah Puspanjolo. Disana aku nginep dan paginya hari jumat aku berangkat sama Pak Iwan ke Kudus naik motor. Perjalanan melewati stasiun poncol, terus ke daerah Kota Lama, habis itu langsung ke Jalan Kaligawe, Demak dan kita sempet shalat jumat setelah Kota Demak. Sekitar satu setengah perjalanan kita sampai di Kudus. Oiya, Kudus itu merupakan kota yang selama ini aku inginkan buat tak datengin. Aku nggak nyangka ternyata aku bisa main ke Kudus gratis dari kantor. Hehe.. meski main sambil kerja sih. Habis ada tulisan Selamat Datang Kabupaten Kudus, langsung ada Terminal Kudus. Dan daerahnya langsung terasa Kota banget. Jalan udah lebar, pinggir jalan udah trotoar. Padahal baru masuk kabupatennya. Habis itu ada Pabrik yang bikin kertas mata uang rupiah. Aku lupa namanya. Terus ada Plaza Kudus yang ada bioskopnya juga. Terus ada Swalayan ADA yang lagi dibangun. Habis itu masuk kawasan alon alon. Disebelah utara ada Kantor Bupati, sebelah barat ada Masjid, sebelah selatan ada Mal Kudus. Wuh, keren juga nih. Terus di pojok tenggara ada videotron kayak magelang punya. Bikinan PT Djarum. Aku nyari nyari SMA 1 Kudus nggak ketemu juga. Terus sampai disana aku makan dulu. Habis makan baru training sama pak Rudi. Managernya Surya Indah Motor Kudus. Kira kira jam setengah tiga sore pak iwan udah selesai dan aku sama dia pulang. Perjalanan, dan aku sampai di jalan dr. Cipto Semarang kira kira pukul 5.30 sore. Setelah nunggu kira kira setengah jam, akhirnya aku dapet bis Jogja. Dan aku naik sampe di magelang. Sempet ngobrol sama mbak mbak cantik yang sebelahan tempat duduk sama aku. Namanya mbak Tari. Dia ngajar di SD Potrobangsan 5 Kota Magelang.

Perjalananku ke Semarang dan Kudus yang kedua adalah saat training program absensi ke Sun Motor Semarang dan Kudus. Hari itu tanggal 1 Desember tahun 2008. aku berangkat pagi jam setengah 7. rencananya aku mau ikut bis Nusantara yang langsung dari Jogja – Kudus. Tapi ternyata di Pabelan tidak mau distop. Akhirnya aku ikut bis Ramayana Patas. Turun di terminal Terboyo Semarang. Aku emang berencana buat ngabisin hari pertama di Kudus. Sekitar beberapa waktu sebalum sampai kudus, aku malah pusing. Aku sampai di Terminal Kudus lalu ikut angkot warna hijau turun di SIM Kudus. Nah, setelah beberapa waktu aku nunggu, ternyata pak Rudi lagi rapat. Jadi waktu itu aku makan siang dulu beli soto dideket situ. Habis itu aku shalat dan baru ngajarin program sama Pak Rudi. Kira kira sekitar jam 14.30 udah selesai dan aku pulang naik angkot lagi. Sampai di terminal Kudus naik Nusantara lagi turun di Terminal Terboyo. Dari situ aku naik jurusan Mangkang turun di Pasar Karangayu. Lalu jalan dan akhirnya aku sampai di tempat temenku. Ternyata hari itu aku demam. Aku merasa dingin sekali. Waktu itu aku mandi lalu shalat maghrib langsung minum obat dan tidur lelap sampai sekitar jam 10 an. Jam sepuluh baru aku shalat isak dan beli makan keluar. Huh, rasanya badanku sudah enak. Alhamdulillah. Aku nginep disitu sampai pagi dan paginya aku berangkat ke Sun Motor Semarang. Aku jalan sampai jl. Sudirman dan naik bis turun di Sun Motor Marina Semarang. Disana aku ngajarin namanya bu Arum. HRD yang baru. Aku makan nasi padang disitu lalu sekitar jam 2.30 sore aku pulang karena hujan aku dianterin sama orang Sun Motor ke halte. Dari halte aku naik bis turun di dr. Cipto lalu naik Nusantara sampai Pabelan. Huh, hari yang melelahkan tapi menyenangkan.