Wednesday, April 11, 2012

Catatan Galau

Perjalanan karir saya dimulai dari saya lulus SMK. Berbekal Ijazah kelulusan saya yang saya rasa sangat memuaskan tersebut, saya terpaksa tidak melanjutkan kuliah karena bapak saya sudah tidak bekerja lagi. Harapan untuk bisa melanjutkan studi bahasa inggris yang menjadi cita cita saya terpaksa saya kubur untuk sementara. Ya, itulah cita cita saya yang teramat mulia, menjadi guru bahasa inggris. :D

Sebagai anak tunggal, saya tidak diperbolehkan untuk mencari penghasilan diluar daerah Magelang. Hingga akhirnya saya di terima di sebuah perusahaan yang kala itu berada di Jl. Soekarno Hatta 14a Magelang. Sebuah distributor alat kantor akhirnya menjadi tumpuan hidup saya untuk selanjutnya setelah menganggur selama 1 bulan. 

Hal terberat saya alami pada saat saya harus menginstalasi room call (pemasangan speaker di tiap tiap kelas pada sebuah sekolah). Saya harus rela menelusuri lorong lorong plafon yang gelap dengan berbekal senter, palu, paku, kabel, dan alat alat teknisi lainnya. Tidak hanya itu, setiap pemasangan mesin fingerprint selalu mengharuskan saya mengebor tembok dan memasang kabel jaringan. 
Tidak jarang kabel jaringan tersebut berpuluh-meter dan membuat saya sering merasa malu. Juga ketika saya harus merelakan waktu saya sampai larut malam selama 2 hari untuk mengkoreksi ujicoba Ujian Nasional SMK se Kabupaten Semarang di Tengaran. 

Seringkali saya harus mengendarai sepeda motor astrea prima dengan berbagai macam alat alat teknisi, alat demo, kabel rol, laptop da LCD yang saya angkut sekali jalan sehingga saya sering merasa harga diri saya kalah dengan motor dan barang-barang tadi. 

Matahari Solusi, HBA. Itulah nama perusahaan tadi. Dari situ saya belajar banyak tentang ilmu jaringan, tentang ilmu marketing, dan customer service. Sangat menyenangkan memang, apalagi saya bisa berjalan jalan gratis lintas Jawa Tengah dan menginap di beberapa kota yang saya singgahi. 
 
Ternyata perjalanan perusahaan itu tidaklah lama, hingga akhirnya karena perusahaan ‘down’ akhirnya saya pindah tugas untuk menghandle jaringan dan IT di Grup Apotek Kawatan. 
Dengan jam kerja dan suasana kerja yang lebih ketat, saat itu saya acapkali merasa bosan dan ingin segera berhenti dari pekerjaan saya. Namun, kreditan motor smash yang belum selesai selalu saja segera memalingkan keinginan – keinginan tersebut. Ditambah lagi, saya merangkap menjadi instruktur di Robotik Sains Club. 
Tiap hari rabu, saya harus membawa beberapa kit robot untuk mengajar di Perumahan Bumi Prayudan. Dan tiap hari jumat saya harus membawa lebih banyak kit robot untuk mengajar ekstra kurikuler di SMP Negeri 1 Magelang. 

Bagi saya, urusan fingerprint dan apotek lebih menyenangkan dan lebih santai dibanding di Robotik. Namun apa daya saya, saya harus bersabar dan mengerjakan semuanya dengan ikhlas. Sampai pada akhirnya saya berhasil membawa tim Robotik SMPN 1 Magelang  menjuarai even nasional Imagine Ristek 2011 di Jakarta. Sebuah prestasi yang sangat saya syukuri. 
Terlebih waktu itu saya telah di terima menjadi CPNS di Pemerintah Kabupaten Semarang. 

Menjadi PNS tentu bukan harapan saya satu satunya. Keinginan dan cita cita saya menjadi guru masih selalu saja menyelimuti di dasar jiwa (halah!) dan kini saya mengantor di salah satu Kelurahan di daerah Bergas. Menjadi pegawai kelurahan, sangatlah menyenangkan menurut saya, saya jadi tahu banyak tata cara penyelenggaraan pemerintahan. Dari melayani warga secara langsung hingga menyusun berbagai macam laporan keuangan maupun laporan penyelenggaraan pemerintahan. 

Alhamdulillah, kesabaran saya waktu itu selama  4 tahun bekerja dengan sangat berat, akhirnya kini terbayar sudah. Kini saya harus segera menunggu pelantikan PNS dan sangat ingin melanjutkan studi Ilmu Pemerintahan/ Hukum. Sepertinya, saya rasa itu lebih cocok untuk mendukung karir saya kedepan.

Yah, itulah yang bisa saya tulis untuk sekedar mengakhiri kevakuman saya dalam dunia per bloggingan beberapa waktu belakangan ini. Saya sadar masih banyak laporan laporan yang belum saya kerjakan. Semoga besok besok semangat saya menulis segera kembali pulih.
 

6 comments:

  1. Lha ya harus tetep semangat mas. Mosok ya kalah sama yang muda-muda...

    ReplyDelete
  2. @afanasyevich :

    hehehe.. iya terimakasih atas kunjungan dan komentarnya

    ReplyDelete
  3. jalan hidup setiap orang memang penuh liku dan mendaki....

    ReplyDelete
  4. @ Kang Nanang

    betul sekali kang.. hidup memang selalu penuh liku liku, jalani saja dengan sabar dan ikhlas.. dan lakukan yang terbaik.. hehehe

    ReplyDelete
  5. sangan inspiratif dan mengharukan, saya jadi teringat bekerja persis seperti yang anda lakukan. nasib kita memang sama bro.....

    ceritaku yang persis ceritamu ini bro http://muhlisin.com/doaku-terkabul-setelah-empat-tahun/, dan masih banyak cerita yang lain. kunjungi ya....

    salam sukses buat bang hamid
    semoga angku segera mendapat "zaenap"-mu

    ReplyDelete
  6. @muhlisin : memang bro, ini postingan udah lama tapi kalo dibaca kerasa lagi suasananya... oke, saya meluncur ke web njejengan!

    amiiin

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...