Thursday, April 19, 2012

Tour de Tegal, 23 - 25 Maret 2012

Tegal, adalah kota terakhir dari enam kota yang ada di Jawa Tengah yang belum pernah saya kunjungi secara komprehensif. Sekian lama saya mendambakan untuk mengunjungi kota di kawasan Pantura ini. Dari rencana awal tahun lalu yang gagal total, akhirnya tercapailah impian saya untuk mengunjungi Tegal bertepatan dengan libur Nyepi kemarin.

Persiapan saya mengunjungi Tegal ini sebenarnya tidak terlalu matang karena persiapan hanya kira kira seminggu. Hingga akhirnya tibalah pada hari H keberangkatan kami.

Untuk Laporan Wisata kali ini saya sedikit terkendala suasana yang agak sibuk sehingga tidak bisa konsentrasi dan menyelesaikan laporan dengan tuntas. Hingga akhirnya saya putuskan untuk menyajikan laporan ini dalam bentuk photo stories saja.. dan akhir kata selamat menikmati :D

Hari Pertama # Jumat, 23 Maret 2012
Jumat ini masih pagi sekali. Pukul 3.45 pagi saya terpaksa bangun dan langsung mandi. Setelah shalat subuh, jam 4.30 saya segera berangkat dari kost menuju ke Unnes. Pagi ini, saya berangkat ke Tegal bersama Rina, Izul, Mbak Dinar, dan Mas Falik. Berbeda dari acara acara sebelumnya yang rata rata hanya saya laksanakan berdua dengan Rina, kali ini kami hendak mengunjungi rumah Izul yang ada di Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal.

Akhirnya pukul 05.30 semua personil telah siap dan tiga motor kami segera melaju mumpung masih pagi dan jalanan masih agak lengang. Perjalanan kami biasa saja melewati Pamularsih, Mangkang dan keluar kota Semarang. Udara pagi ini terasa segar sekali. Ditambah dengan cuaca yang sangat cerah menjadikan semangat saya terasa menggebu gebu.

Suasana pagi Jl. Pantura kawasan Kendal

Selamat Datang Kota Kendal

Waduh, sampe di Cepiring malah ban bocor, akhirnya di tinggal sama teman teman

Sembari menunggu tambal ban, ada ini nih,, onthelis..

akhirnya ketemu lagi sama teman teman seperjuangan

Istirahat dulu daaah di SPBU Selamat Datang Kota Batang

Eh, entah karena apa, ban bocor lagi, tambal lagi deh @ Jl. Dr. Sutomo Pekalongan

Makan pagi jam 10an setelah kecelakaan kecil yang melibatkan motor smash dan supra Izul @ Soto Pak Dul Jl. Gajahmada Pekalongan

Tugu Selamat Datang Kabupaten Pekalongan

International Batik Center, Wiradesa Pekalongan

Pekalongan Kota Santri

Full tanki BBM @ Pemalang

Pemalang Ikhlas (gerbang kota)

Dedy Jaya Plaza Pemalang

Habis deh Pemalang.. masuk ke Kabupaten Tegal

Pantai Purin (Purwahamba Indah) andalan Kabupaten Tegal dengan ikon Dinosaurus

Akhirnya setelah melewati daerah Kramat, sampai juga di Kota Slawi, Ibukota Kabupaten Tegal

Udah jam 11.30 mampir jumatan dulu deh @ Masjid Agung Kabupaten Tegal

Sementara saya dan mas falik jumatan

Hamid @ Slawi's Grand Mosque

Eh, ada water toren yang ukurane kecil tinggi @ Perempatan daerah hampir keluar kota Slawi arah Margasari/Purwokerto

Hutan Balapulang, hutan yang sering di ceritakan Izul ke Rina pada waktu dulu.. hehehe

Sampai juga di gerbang desa Kalisalak. Izul's home

Welcome!! jam 13.30 kami sampai juga di Izul's home Kalisalak, Margasari, Kab. Tegal

Duku dingin penyambut kedatangan kami
 Setelah sampai di rumah Izul kami disuguh makan siang dan istirahat sejenak. Dan pukul 15.00 kami melakukan perjalanan ke Kota Tegal yang membutuhkan waktu 1 jam. Hehehe. Kami sama Izul, mbaknya Izul, dan ponakan ponakan Izul yaitu Widya dan Alin.
Logo Kota Tegal yang miring

Tegal's Grand Mosque tampak dari belakang

Pasar Pagi Kota Tegal, a legendary market of the town!!

Bangjo gandul, yang tidak ada lagi di Magelang... this is @ kawasan kota tua Tegal

Sampai juga deh di tujuan kami, Pantai Alam Indah (PAI) bukan Pendidikan Agama Islam

Ticketing gate, 1 orang 5ribu, anak anak 4 ribu. Murah kan?

Anjungan

Hamid and Rina were together

Hamid and the children that swimming @ the shore sore itu.. wkwkwk

Tidak jauh dari pantai, ada Monumen Bahari.. ini ni salah satu koleksinya

Ini di depan Rudal

Vandalisme oleh anak kecil

Saya dan Alin
 Sore malam sabtu ini, kami pulang melewati daerah Tegal sebelah barat melewati Pacific Mall, dan terus melewati Alon Alon Slawi. Kami pun sempat kehujanan dan sampai di rumah Izul pada pukul 7 malam. Dan malam ini kami makan tahu aci dan rujak kangkung khas Kalisalak.. hmmm yummiii..

waktu pun berlalu dan malam itu saya terasa lelah sekali sehingga saya berhasil tidur dengan nyenyak di salah satu kamar kakak izul yang tidak ditempati..

Hari Kedua # Sabtu, 24 Maret 2012
Pagi yang segar di Margasari, dengan secangkir kopi, siap menghadapi hari ini!!!

Jalan jalan pagi ke Kebun Kangkung alias Kangkung Jungle.. wkwkwkw

always njepret anywhere gitu

trio penjelajah sawah... hehehe

oya, jam 9an kami juga sempet jalan jalan pake motor keliling kampung.. dan seperti inilah suasananya,, menyenangkan bukan?

Jam 11 Siang, kami bersiap untuk berwisata ke Guci

Perjalanan menanjakk.,. oya, saya sempet kehabisan uang dan mencari ATM BCA hingga ke Slawi dan puter balik ke Balapulang :axehead:

Ticketing Gate

Ini dia main spotnya.. air panas alami, tak berbau, tak berasa... hanya @ Guci, Bumijawa Kab. Tegal

Jangan lupa beli souvenir buat adik2 di rumah yaaa

Cerita Guci
Deretan penjual oleh oleh..

Jangan lupa beli manisan cermai dan manisan pepaya.. murah kok cuma 6 ribuan

di dalam suasana panas ditawari Mie Goreng rasa kaki wanita.. *crazy!!!*

Pulang dari Guci, mampir ke rumah mbak Dinar,,

Malemnya jalan jalan deh ke Alon2 Tegal. Ketemu mas Hari, Nita, dan ngampiri Reza, sayang sekali baru aja pesan makan nasi goreng, hujan lebat mengguyur. Akhirnya teras BRI menjadi tempat kami menghabiskan makan dan menghabiskan malam minggu.. huaaahhhhhh

Ealah malah ketemu Fiqi Zona Prakoso..
 Malam minggu ini, kami pulang sampe rumah Izul pukul 10 malam dan segera beristirahat walaupun kurang puas karena bermalam minggu dengan hujan badai..

Hari Ketiga # Minggu, 25 Maret 2012
akhirnya tiba juga saat untuk berpisah dengan Izul's family... saya dan Rina hendak otw pulang Semarang berangkat pukul 7 pagi

Pasar pagi yang bener bener masih pagi

Saya pengennya memotret beberapa bangunan tua, namun situasi dan waktu tidak memungkinkan sehingga sedapatnya saja lah

Kantor Pos Besar Kota Tegal, one of Tegal's heritage building

Landasan TNI AL Kota Tegal, peninggalan belanda juga ini

Eks. Kantor Walikota pada jaman belanda dan juga Balaikota Lama Tegal. Pagi ini kami menyempatkan berjalan jalan dan membeli sandal jepit dua pasang cuman 5 ribu. Murah gila kan? Disana ternyata ada semacem pasar pagi gitu.. di satu sisi rame, di satu sisi agak mengganggu konsen memotret saya.. tapi tak mengapa laaah

Tegal 's Videotron motif Layar

Tugu Pancasila @ Kawasan Alon2

Gerbang Balaikota

Tegal's Water Toren. Higher than Magelang's but smaller

Eks. Kantor SCS (Semarang Cheribon Stoomtram Maatsjappij) pernah digunakan juga untuk Kampus Univ. Panca Sakti Tegal. Sekarang tidak berpenghuni manusia. Entah yang lain. hehe

Tegal's train station

Tegal's Grand Mosque

Akhirnya sekitar pukul 9 pagi kami memutuskan untuk meninggalkan kota Tegal.

Istirahat @ Pemalang, makan apel oleh2 dari ibunya Izul. Sembari mengisi BBM

Sampai Pekalongan, jangan lupa beli cilok.. hahahaha @ Jl. Sultan Agung Pekalongan

Eh, ternyata Museum Batik buka.. hore.. mampir sisan deh, yah, 10 ribu mesti keluar untuk dua tiket masuk.. sayang nggak boleh motret inside, outside sih boleh

mas guide dan mas hamid

free training membatik.. semangat Riin!!!!

main Hall Museum batik yang dulunya adalah kantor Burgemeester/ Walikota Pekalongan

Nice Park infront of Museum Batik

Puas deh rasanya selesai berwisata
 kamipun setelah itu pulang dan sampai di Unnes pukul 15.30.. sungguh capek sekali dan that's great!!!!

1. di tegal juga ada Museum Batik juga tho :)

2. @ mas Ikhsan :

nggak ada mas.. itu adane di Pekalongan Kota.. itu soale mampir waktu perjalanan pulang begitu.. hehehe terimakasih yaa

3. kereennn cuyyy.... wingi gen aku tas sing tegal, jalan2 ning PUR'IN..... lumayan buat ngilangin strezz dgn krjaan di jakarta.... hehehe, :)

4. @ade : hehehe.. mantep mas ning PURIN? thanks yo atas kunjungan dan komentarnya

5. @Salsabila : hehehe.. maturnuwun atas kunjungan dan komentarnya.. :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...