Monday, August 27, 2018

Sebuah Perjalanan Ke Purwokerto


Dibandingkan semasa lajang dulu, jalan-jalan selepas menikah dan memiliki anak merupakan kegiatan yang gampang-gampang mudah. Passion saya memang selalu ingin jalan-jalan. Selepas berkeluarga, paling tidak dalam satu tahun bisa bepergian keluar kota 2-3 kali sudah bagus. Karena kalau keseringan bisa-bisa dapur tak lagi mengepul, karena sudah pakai kompor gas sehingga tidak ada asap mengepul lagi.

**
“Ayo mah, bangun ini sudah jam dua lho” bisik saya kepada istri.
“Ayo prepare. Jam tiga kita jadi berangkat ke Stasiun Tawang, lho!” Sambung saya.
Pagi itu, kami terbangun ketika tetangga tengah terlelap tidur. Sebagaimana hadits, maka sebenarnya bangun malam di sepertiga malam terakhir adalah sebuah ibadah  kalau selepas bangun bisa segera wudhu dan shalat malam. Kalau habis indehoy, ya harus mandi dulu.

Natsbee Honey Lemon, jangan lupa masukkan ransel sebagai bekal.


Terlihat anak kami, Dayu masih terlihat tidur pulas. Namun, mendengar orang tuanya berisik di ruang belakang, ia justru ikut bangun.

“Nggak usah mandi saja. Nanti sesampainya di Purwokerto kita transit makan terus berenang, lagian kalau mandi wong ya dingin” ajak saya kepada Tika.

Kontrakan kami berada di sebuah perumahan kelas menengah ke bawah dengan tanpa carport dan nggak punya garasi pula. Maka kami harus membawa barang-barang berjalan sebentar ke parkiran umum yang jaraknya lumayan jauh. Kira-kira empat rumah. Tidak disangka, Dayu justru sudah asyik membawa bantal kesayangannya dan tidak segera tidur.

“Ini Dayu mau kemana, Bapak?” tanyanya sambil senyum-senyum dan diulang-ulang.
“Mau naik kereta ke Banyumas, sayang”
“Asiiiikkk..”

Mungkin karena saking asiknya mau naik kereta, ia malah tidak tidur selama perjalanan dari rumah ke stasiun. Justru ketika hampir stasiun malah tidur pulas.

Sebenarnya saya masih ngantuk. Tapi dini hari yang dingin ini saya tetap bersemangat untuk berangkat jalan-jalan bersama keluarga kecil saya. Perjalanan ke stasiun, membutuhkan waktu sekitar satu jam. Waktu tersebut sudah termasuk tersesat sebentar di kawasan Kota Lama, Semarang karena tidak hafal medan.

**
Sebagai operator di sebuah instansi pemerintah, saya lebih sering duduk di depan komputer dan paling malas berolahraga, maka dari itu, bisa dipastikan kesehatan saya termasuk rawan terganggu. Nah, salah satu tanda-tanda bahwa badan saya tengah kurang fit adalah gampang ngantuk, malas dan kurang bergairah dalam bercinta. Nah, kalau sekarang ini, sebagai penghalau rasa kantuk dan lelah, saya keluarkan minuman andalan saya, Minuman Madu Lemon untuk menyegarkan badan.

Kereta berangkat tepat pukul lima pagi. Sebelumnya saya juga sudah shalat subuh di mushola peron. Dayu kini benar-benar sudah fresh. Sudah jam lima pagi sehingga mustahil ia akan bisa tidur lagi. Ia justru bernyanyi lagu naik kereta api dengan riang gembira, sementara saya yang kepingin tidur harus merelakan tidak tidur. Dari kecil, ia memang lebih lengket sama saya dibanding mamahnya. Maka dari itu, saya harus tetap terjaga untuk menjaganya tetap nyaman. 

Kereta Kamandaka relasi Semarang Tawang-Purwokerto PP ini dalam sehari melayani tiga pemberangkatan baik itu dari Semarang maupun sebaliknya. Pagi ini kami sengaja mengambil pemberangkatan pertama supaya waktu berlibur di daerah Purwokerto menjadi lebih lama.

Jalur Kereta yang Menawan

Duduk di depan kami, seorang pemuda berpostur ideal yang selanjutnya saya ajak ngobrol. Ia dalam perjalanan dari Rembang menuju Pekalongan dalam rangka dinas. Dari obrolan, saya simpulkan ia adalah pemuda yang pintar dan semangat. Obrolan kami selama perjalanan berangkat ini adalah tentang pungli dan pembangunan PLTU. Semacam obrolan antara Menpan RB dan Menteri PUPR.

Sesampainya di kawasan Alas Roban, jalur kereta mendekat ke laut Jawa. Dalam suasana pagi yang masih berembun, tampak jelas bulatan warga oranye yang menandakan matahari baru terbit di lautan sana. Beberapa kali, jalur rel hanya beberapa meter saja dari bibir pantai sehingga pemandangan yang ada di luar kereta sungguh indah nian.

**
Selepas Stasiun Tegal, Kamandaka berjalan lebih pelan. Duduk dihadapan kami penumpang lain yang baru saja masuk, seorang ibu muda dengan balitanya. Syukurlah, Dayu jadi punya teman ngobrol dan bermain. Sementara saya, bisa bermain dengan ibuknya, bisa sedikir rehat.
 
Jalur kereta Prupuk hingga Purwokerto, ternyata sekarang sudah double track. Jalur ini adalah salah satu jalur yang bisa dibilang eksotis karena banyak kelokan, lembah, flyover dan jembatan. Salah satu jembatan yang membuat saya terkagum adalah Jembatan Sakalimabelas yang ada di daerah Bumiayu. Jembatan peninggalan era kolonial ini menjadi jembatan kereta api terpanjang kedua di Indonesia dengan panjang mendekati 300 meter. Nama jembatan ini diambil berdasarkan jumlah tiang yang menopang jalur rel yaitu berjumlah lima belas tiang. Dari bawah, terlihat suasana sangat cantik terutama ketika kereta lewat. Namun saat ini, setelah dibangun double track, dibangun jembatan baru dengan kontstruksi beton yang lebih modern.

**
Pukul setengah sepuluh siang, motor rental pesanan saya datang setelah ditunggu dua belas menit di Stasiun Purwokerto. Saya segera menata barang dan melenggang asal jalan keliling kota. Purwokerto kotanya cukup ramai, dan lalu lintasnya cukup padat. Sudah barang tentu polusi udara tidak sengaja terhirup oleh kami yang tidak memakai masker. Ah, tapi tenang saja karena saya punya jurus ampuh tetap #AsikTanpaToxic sehingga zat-zat polutan ini bisa diatasi dengan baik.

Saya termasuk orang yang senang mengeksplor tempat-tempat baru, meski telah berkeluarga, beruntung anak istri saya sejauh ini juga cocok dengan hobi jalan-jalan saya. Setelah mampir mengisi perut dan memfoto-foto kuliner legendaris Purwokerto, Es Brasil, kami segera merangkak ke Owabong, Purbalingga untuk mandi pagi. Iya, karena sedari pagi belum mandi.
 
Owabong kini telah banyak bersolek. Wahana permainan semakin lengkap, bahkan kini ada gondola, kolam ombak, sirkuit gokart, hingga teater 4 dimensi. Lengkap! Dayu semakin lincah saja bermain air. Di tengah cuaca yang cukup terik, kami merasa tidak kedinginan bermain air. Dayu justru terlihat sangat senang bermain di kolam anak yang banyak semprotan air mancur bersama teman barunya, pelampung bebek yang diperolehnya hasil merengek ke bapaknya.

**
Tidak terasa, hari pertama liburan ke Banyumas ini sungguh sangat melelahkan. Nyaris sejak dini hari tadi saya benar-benar tanpa istirahat. Namun saya percaya esok hari saya pasti akan kembali segar karena zat-zat racun dalam tubuh telah diikat dan dikeluarkan oleh Natsbee Honey Lemon.
 

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...