Monday, August 6, 2018

Servis Kaki-kaki Corolla SE Saloon


 
Salah satu kendala memiliki mobil tua bangka (motuba) adalah lemahnya bagian kaki-kaki mobil. Hal ini boleh dibilang merupakan sebuah keniscayaan. Yaa contohnya motuba yang saya miliki yaitu Corolla SE Saloon lansiran tahun 1986. Dengan usianya yang kini telah 32 tahun, tentu saja kaki-kakinya telah lunglai sehingga secara berkala harus kita periksakan.

Jujur saja, selama memiliki corolla ini selama tiga tahun terakhir saya tidak/belum pernah terpikirkan untuk menservis bagian kaki-kaki ini. Karena saya belum pernah merasakan menyetir mobil lain selain motuba juga punya kakak (Nissan Sunny 86) jadi saya rasa, kaki-kaki yang berisik pada motuba adalah kewajaran. Yaa memang wajar kalau harus diganti atau diservis.

Salah satu yang terasa saat kaki-kaki bermasalah adalah ketika motuba dibawa lewat jalan rusak adalah setir sering mbanting sendiri dan terasa tidak mantab setirannya. Selain itu, seringkali ada bunyi klutak – klutuk dibagian roda depan (terutama yang berpenggerak roda depan).

Suatu ketika, waktu saya masih berlangganan di sebuah bengkel umum dekat rumah, sang montir mengatakan bahwa kaki-kaki mobil saya sudah saatnya diperbaharui semua. Kira-kira setahun belakangan ia bilang begitu ke saya. Dan yang membuat saya tercengang adalah harganya yang fantastis. Yaa kira-kira butuh dana 3 juta nanti diganti baru semua. Wah.. duit dari mana .. pikir saya.

Akhirnya setelah konsultasi dengan teman-teman kantor yang memelihara motuba juga, saya diberikan dua opsi untuk membetulkan kaki-kaki motuba saya. Istilahnya di repair. Bukan diganti. Alternatif pertama adalah azzam onderstell yang berada di belakang sekolah Assalamah Ungaran. Yang kedua yaitu bengkel Wanto Onderstell di depan kecamatan bawen.

Keduanya pernah saya datangi. Dan melihat antrian azzam onderstell yang selalu ramai, saya akhirnya memutuskan ke bengkel wanto saja. Menurut teman saya, tidak kalah bagus, kok hasilnya. Meski secara penampilan bengkel lebih sederhana.

Sabtu minggu lalu, saya bawa corolla saya kesana. Saya langsung disambut mas Wanto, ownernya. Disana, saya ditanyakan gejalanya apa. Berhubung saya tidak banyak tahu, saya hanya menjelaskan kalau ster tidak stabil dan sering bunyi di jalan tidak rata.
 
Bengkel ini memiliki kursi tunggu yang berupa lincak bambu dengan empat orang mekanik. Saat saya menservis pagi itu, ada dua antrian mobil lainnya. Segera mobil saya didongkrak lalu dibongkar. Ternyata kaki-kaki mobil saya boleh dibilang sudah sangat parah. Balljoint, tierod, racksteer harus direpair semua, bahkan ada bagian sayap yang diistilahkan jamber, karetnya sudah hancur dan oleh pemilik sebelum saya hanya dibalut dengan karet ban dalam.

Karena kerusakan yang cukup parah, mobil saya harus stay lebih lama hingga akhirnya tak tinggal pulang sekitar pukul 11 siang. Pukul tiga sore saya kembali kesana menggunakan ojek online dan mobil saya sudah jadi. Saya disuruh maju mundur sejenak untuk memantabkan posisi baut-baut. Kemudian dispooring secara manual menggunakan benang.

Setelah itu, mas Wanto sendiri yang mengajak saya testdrive.

“Ayo mas, kita test drive, mau nyetir sendiri apa saya setirin?” tanyanya.
“monggo sampean saja”

Akhirnya mobil langsung dibejek kenceng, melalui jalan beton, aspal dan masuk perkampungan yang jalannya rusak. Benar saja, setir terasa lebih stabil kenceng manteb dan bunyi bunyian jadi hilang. Nyaman, lah.

“Lakernya saya rekomendasikan ganti sebulanan lagi mas. Dan setirnya belum stabil maksimal harus ganti kokel setir. Bawa uang 300 bulan depan kesini beres, mas” katanya.

Jadi mas Wanto ini berprinsip, jika hasil kerjaannya menurut dia kurang pas, harus dibetulin lagi. Meski kadang menurut konsumen sudah nyaman, kadang menurut ia sendiri (karena sudah ahli merasakan) ada yang belum nyaman 100 %.

Saya pribadi merasa puas dengan hasil pekerjaannya dan pelayanannya memuaskan. Ohya, total membetulkan kaki-kaki ini dengan rincian perbaikan/ganti tie rod, rack end, balljoint, jamber besar, jamber kecil,  dan ongkos bongkar adalah 730,000,- diskon 30,000 :D

Bengkel Mobil Wanto
Spesialis Onderstell
Jl. Soekarno Hatta Bawen
Seberang Kantor Kecamatan Bawen
Telp/WA

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...