Friday, April 5, 2013

How To Get Waisak?



Oke, di malam sabtu yang diiringi hujan ini, saya berfikir untuk menulis bagaimana sih buat dateng ke acara Waisak? FYI, saya sendiri tinggal kurang lebih 5-6 Kilometer dari Candi Borobudur, Kabupaten Magelang. Dan menginjak usia saya yang ke 23 ini, terus terang saya baru satu kali melihat secara langsung prosesi itu.

Selayang pandang saja, hari keagamaan umat Buddha yang disebut juta Trisuci Waisak ini adalah sebuah prosesi untuk memperingati ; Satu. Kelahiran Pangeran Siddharta di Taman Lumbini pada tahun 623 SM. Dua. Pangeran Siddharta mencapai penerangan agung atau menjadi Buddha di Bodhgaya pada usianya yang ke 35, dan Tiga. Wafat Sang Buddha di Kusinara pada tahun 453 SM pada usia 80.

Menurut keputusan WFB (World Fellowship of Buddhists) maka di Indonesia ini perayaan Waisak dipusatkan di kompleks Taman Wisata Candi Borobudur.

Nah, jadi.. gimana dong kalo mau dateng ke acara ini? Berdasarkan tweet di TL salah satu rekan saya, Mas Farchan, saya jadi kepengen menulis kembali ide pemikiran beliau ini. Oke, check this out. Dan camkan baik baik :)

1.      Borobudur itu letaknya di Kabupaten Magelang. Bukan di Jogja. Jadi yang mau ke Borobudur, tidak perlu repot repot ke Jogja

2.      Bila anda datang dari Jakarta, maka cara tercepat adalah dengan moda transportasi Bis. Bis ke Magelang bisa dari Rawamangun, Lebak Bulus & Pulogadung. ekonomi 70-80 an, VIP 110-120 an, eksekutif 150-165 an.

3.      Jika dari Surabaya, naiklah Bus Eka jurusan Magelang. Turun di Pertigaan Palbapang. Ongkosnya sekitar 80K idr
Ini dia kawasan P
4.      Jika dari Bandung, naik bus Budiman. Ongkosnya 90 K idr eksekutif.

5.      Bagi yang mau naik kereta api dari Jakarta/Bandung. Biar nggak kejauhan, turun di Stasiun Kutoarjo saja. Dari Kutoarjo lanjut bus menuju ke Magelang. (Jika langsung mau menuju ke Borobudur, turun di Pertigaan Bunderan Salaman, ganti bus menuju ke Borobudur). Jika naik kereta turun di Jogja. Ada dua cara. Pertama naik Trans Jogja dari Stasiun Tugu ke Terminal Jombor. Dari Jombor ada bis umum ke Borobudur; atau dari Stasiun Tugu ke Hotel Borobudur (Hotel ini deket dengan Terminal Jombor) dari hotel ini ada shuttle bus Damri Jogja – Borobudur.

6.      Kalau malas naik bus, bisa sewa motor. Banyak kok tempat persewaan motor di Jogja. Googling saja, dari Jogja ke Borobudur naik motor sekitar 1 jam.

7.      Jika naik pesawat turun di Adi Sucipto Jogja, ada shuttle bus Damri jurusan Magelang, turun saja di Pertigaan Palbapang

8.      Jika naik pesawat turun di Ahmad Yani Semarang, agak ribet. Bisa naik bus patas Jurusan Jogja (sementara dilayani dari Terminal Terboyo) ongkos 21 K idr turun di Magelang. (kalau turun di Palbapang mungkin tambah) atau yang praktis bisa naik travel jurusan Magelang. Sekitar 40 K.

9.      Yang perlu diingat, titik utama sebelum mencapai Borobudur baik dari arah Semarang / Jogja adalah pertigaan Palbapang. Dari jam 6 pagi sampai 5 sore ada bus/angkot menuj ke Borobudur, selebihnya hanya ada ojek. 20 K sampai Borobudur.
How to Get Borobudur? - click to enlarge
Lalu, untuk nginepnya gimana?

Tenang, di sekitaran Borobudur banyak kok tempat menginap dari hotel bintang lima sampai yang murah murah juga ada. Biar gampang, langsung saja klik disini 

 Mengingat ramainya kunjungan wisatawan di Borobudur pada hari hari Waisak, maka bila kemungkinan hotel full booked semua, anda masih bisa nginep di Magelang yang jaraknya sekitar 12 km dari Borobudur. Daftar hotelnya bisa dilihat disini
 
  Tapi, sebelum berangkat ke Waisak, saya rekomendasikan kepada anda untuk membaca dulu apa apa yang sekiranya harus diperhatikan pada saat berada dalam prosesi Waisak ini. Langsung saja klik chirp nya mas Farchan  disini 

9 comments:

  1. Jadi ke Stumbu mas,saya kalau blm pulang Jogja gak bisa ke sana

    ReplyDelete
  2. @rumputilalang : Wah sayang sekali kemarin kesiangan bangunnya :'( . Jadi gagal deh. Mungkin bulan buland depan apa Juni gitu deh..

    nanti kontak2 saya ya kalo mau kesana siapa tau bisa bareng ;)

    ReplyDelete
  3. kira2 alternatif menginap diamana ya? saya rencananya naik kereta dari surabaya, terus pinjam motor di jogja.. nah selesai prosesi waisak kan malam, alternatif menginap yg aman dimana? terimakasih

    ReplyDelete
  4. @deneajus :

    Tergantung budget mas. Selain hotel hotel di sekitaran candi borobudur (biasanya penuh kalo belum book sebelumnya) Ada homestay homestay di daerah sekitaran Candi Mendut, atau ada Asri Homestay di depan Rumah Dinas Bupati Magelang di Kota Mungkid (2 km an dari borobudur)

    kalau tidak, bisa di LC Hotel, pertigaan Blondo (6km dr Borobudur arah Magelang)

    kalau tidak, klik link link nya yaa

    terimakasih semoga membantu

    ReplyDelete
  5. gan, ane mau nanya, misal naek kereta turun di kutoarjo, buat ke borobudurnya naik bus darimana ya? apa ke stasiun kutoarjo dulu atau bus nya lewat deket stasiun? mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  6. @Jack Brown :

    Setelah turun kereta dr Kutoarjo, naik ojek/angkot ke Terminal Kutoarjo.

    dari Terminal Kutoarjo, naik bus jurusan Magelang.

    - turun di Bunderan Salaman, ganti bus menuju Borobudur atau

    - Turun di Terminal Magelang, ganti bus menuju Borobudur

    ReplyDelete
  7. Kalo sewa motor di kutoarjo ada gak

    ReplyDelete
  8. Kalo sewa motor di kutoarjo ada gak

    ReplyDelete
  9. @Putra : coba hubungi nomor ini mas 0852 2875 6699

    semoga membantu

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...