Tuesday, March 7, 2017

Mengganti Knalpot Mobil Corolla SE Saloon


Hutan Mantingan, sumber : suaramerdeka

Suatu siang, dalam perjalanan menuju ke Ungaran, saat Corolla tua saya sampai di sekitaran hutan jalan raya Ngawi – Mantingan, suara mesin mobil tiba-tiba menjadi ngebrong. Mirip suara mobil racing. Seperti civic tua milik kepala kantor saya. Heehehe..
Corolla dan Civic milik pak kepala

Ada apa ini? Saya pun langsung menepikan mobil takut terjadi apa-apa. Sebenernya rasanya tidak berbeda sih. Hanya bising. Setelah membuka kap mobil, saya lihat tidak ada yang bermasalah dengan mesin mobil. Dipakai jalan juga lancar.

Plingak plinguk sebentar kemudian sampailah saya disebuah bengkel mobil pinggir jalan. Sayangnya mekaniknya sedang pergi. Yasudah, saya dan keluarga kecil pun memutuskan melanjutkan perjalanan mencari bengkel yang lain. Karena tidak tahu apa yang harus dilakukan menghadapi situa bandel ini.

Tak terasa kami hampir sampai Kota Sragen. Ada sebuah bengkel mobil buka. Dan si mekanik menganggap suara mesin mobil saya yang kasar disebabkan oleh setelan yang kurang pas dan busi ada yang mati satu. Kutak kutik kutak kutik, selesailah dia membetulkan mobil dan saya membayar 25 ribu saja.

Setelah buat jalan, mesin saya terasa lebih enteng bertenaga dan ringan tarikannya. Tapi ngebrongnya itu lho... bertahan sampai di rumah.

**
Menjelang sore, kami sampai di Ungaran. Iseng-iseng tengok bagian bawah mobil. E lha dalah. Jebul suara ngebrong tadi berasal dari knalpot yang ambrol dibagian bawahnya. Istilah umumnya gendangan knalpot. 
 
Istilah teknisnya muffler. Bolongnya lumayan sih kira kira diameter 10 centimeter. Pantesan suaranya kasar. Namun begitu, tetangga justru ada yang suka. Katanya suara knalpot Corolla tua saya sangat jantan dan tangguh. Wkwkk

Beberapa waktu si knalpot bocor menemani Corolla perga pergi ke Magelang, Ngawi, dalam kota, ke Jepara, ke Mangkang, dan lain sebagainya. Aman-aman saja. Cuma tarikannya memang sedikit lebih berat. Kok dibarkan saja? Lha saya browsang browsing harga muffler kok ya cukup mahal ya. Tunjangan kerja juga nggak cair-cair :/
Knalpot Galvanis, sumber : kaskus

Atas kebaikan hati bapak mertua, saya diberi uang untuk membetulkan knalpot tersebut setelah sebelumnya tanya di bengkel knalpot dekat kantor saya. Lumayan paling murah sepanjang saya survey. Gendangan galvanis seharga 250 ribu all in.




Akhirnya setelah sempat gagal bertandang karena toko tutup, suatu hari kemarin si Corolla bisa nangkring untuk diganti knalpotnya. Dipotong, dilas, di coba dan.. Nyesss... Suaranya seperti Panther waktu muda. Nyaris tak terdengar. Kedap di kabin meski kaca-kaca masih klotekan karena karet karetnya banyak yang minta ganti. Derita mobil tua :D

Bengkel Knalpot
Jl. Mayor Soeyoto Km. 0,5 Bergaslor
BERGAS UNGARAN
Telpon 085742309557

 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...