Sunday, August 16, 2015

Mengintip Masa Lalu di Museum Kereta Api Ambarawa


Suatu hari seorang Belanda berkereta dari Semarang menuju Jogjakarta. Siang hari ia berangkat dari Semarang dan sorenya dia baru sampai di Ambarawa. Karena sudah malam dan tidak ada kereta yang lanjut ke Jogja, maka ia memutuskan untuk menginap di salah satu hotel di dekat Stasiun Willem I. Dari hotel tempat ia menginap, ia bisa menikmati pemandangan indah berupa gunung Merbabu dan hamparan rawa pening. Keesokan paginya, desing bunyi ketel uap dipanaskan. Lokomotif gerigi siap membawa gerbong untuk menanjak menuju Bedono-Gemawang. Pria itu kemudian berangkat lagi naik kereta api dan sampai di Jogja menjelang sore.

(catatan pribadi seorang Belanda pada tahun 1900an)
Stasiun Ambarawa tampak dari depan

Stasiun Willem I merupakan salah satu saksi perkembangan Kereta Api di Indonesia. Tersebut sejak tahun 1864, adalah L.A.J.W. Baron Sloet van de Beele yang merupakan Gubernur Jenderal kala itu melakukan pencangkulan pertama proyek pembangunan jalur kereta api dari Samarang menuju Tanggoeng. Stasiun awal itu bernama Stasiun Samarang NIS yang kini bekas lokasinya ada di daerah Spoorland daerah kampung Kemijen, dekat dengan Jalan Ronggowarsito, Semarang.
Bagian depan Depo Lokomotif Stasiun Ambarawa
Setelah tahun-tahun berlalu maka jaringan Kereta Api berlanjut hingga Voorstenlanden/ Solo dan Jogja. Ambarawa yang terkonsep sebagai pusat militer Belanda, akhirnya dihubungkan dengan kota Semarang melalui jalur rel Tuntang-Bringin-Kedungjati. Dipastikan Stasiun yang dahulu bernama Willem I itu dibangun pada 21 Mei 1873. Fungsi utamanya adalah untuk melayani angkutan para tentara dari barak Benteng Willem I menuju ke Semarang.

**
Awalnya saya tidak begitu tertarik kala menerima ajakan beberapa teman saya untuk mengunjungi Museum Kereta Api Ambarawa. Lha wong saya sudah dua kali kesana je. Apalagi, tujuan utamanya adalah naik kereta wisata Ambarawa Tuntang. Lha saya juga sudah pernah. Walau, memang sih waktu itu saya naiknya lori wisata gerbong odong-odong dan loko mesin GranMax, kalau saya boleh menebak. Ditambah lagi, tiket kereta wisatanya sekarang mahal sekali. Lima puluh ribu rupiah. Lima kali lipat dari tiket lori wisata.

Tapi, setelah melakukan berbagai kajian, pertapaan dan pertimbangan, ditambah lagi situasi saya yang akhir-akhir ini memang kurang piknik, akhirnya saya iyakan ajakan itu! Minggu kemarin, 9 Agustus 2015 tepat pukul sembilan pagi, saya dan Tika sudah sampai di Ambarawa dan bertemu teman-teman dari Magelang. Mereka adalah Ryan, Anglir, Sa'i, Gusta, Yoga, Agam, Adhi Okta, Pak Thomas, dan Willhozt. Begitu bertemu, sudah kuduga. Muka-muka mereka tampak gembira ria karena setahu saya mereka jarang kesini. Bahkan Willhozt dengan polos mengaku kalau belum pernah naik kereta. Lha to..

Setelah membayar tiket masuk seharga sepuluh ribu rupiah per orang kami pun segera menjumpai bangunan depo lokomotif. Ya, sekarang pintu masuknya sementara pindah disana. Ada beberapa loko tampak terparkir. Semuanya loko tua. Sangat tua bahkan. Apalagi yang seri B2502 dan B2503, mereka adalah lokomotif spesialis rel bergerigi dengan penggerak mesin uap. Loko dengan pelengkap gerigi yang ada di Ambarawa itu merupakan maestro legendaris yang hanya tersisa sedikit di dunia. Seingat saya selain di Indonesia ada di Swis dan India. Dan di Indonesia sendiri, selain di Ambarawa ada di Sawahlunto, Sumatera. Rail bergerigi tersebut digunakan saat elevasi rel yang terlalu menanjak/menurun curam sehingga dibutuhkan gerigi sebagai penahan agar loko tidak mlorot.
Lokomotif uap yang sedang dipanasi

Museum KA Ambarawa ini tampaknya sudah banyak berbenah. Taman-taman tertata cantik, koleksi lokomotif yang dahulunya dipajang ditaman-taman, kini ditata sedemikian rupa dengan urutan tertentu lengkap dengan pelindung atap. Cat-catnya juga diperbarui. Sebuah turn table yang dahulu mangkrak, kini bisa digunakan lagi. Untuk informasi, saat saya berkunjung kemarin, rute kereta wisata Ambarawa – Bedono sementara ditutup karena akan ada penggantian bantalan rel. Jadi paket wisata yang bisa kita coba adalah Kereta Wisata Ambarawa-Tuntang yang jalan setiap hari Minggu dan Libur, dengan jam keberangkatan pukul 10.00, 12.00, dan 14.00.
Pak Thomas (topi koboi) berfoto dengan tema Thomas and Friends

Stasiun Ambarawa pada masanya merupakan salah satu stasiun besar yang secara fisik bentuk bangunannya sama persis dengan Stasiun Kedungjati. Menurut Pak Tri, sang Kepala Stasiun, bentuk dari stasiun merupakan penjabaran dari bentuk Naga, yaitu dengan adanya kepala, badan dan ekor. Saat ini bagian yang disebut kepala merupakan kantor stasiun sekaligus loket pembelian tiket. Bagian badan digunakan sebagai ruang pamer museum dan bagian belakang adalah bekas gudang atau toilet. Bangunan tersebut bergaya Eropa dengan bentuk fasad utama kotak-kotak. Kompleks stasiun itu masih dilengkapi dengan atap baja berbentuk lengkung dengan kekokohan yang tiada terkira. Saya sempat mengecek konstruksi paralon saluran air ternyata terbuat dari baja. Jian, niat tenan le mbangun :D
Detil konstruksi stasiun

Selain memajang aneka koleksi loko kuno, juga terlihat beberapa gerbong tua yang sudah diperbaiki. Salah satunya adalah gerbong yang berasal dari Kebonpolo Magelang. Gerbong ini sekarang sudah ciamik, bersih dan rapi. Sementara itu dibelakangnya ada sebuah gerbong yang bisa dibilang gerbong eksekutif dengan tempat duduk terbatas dan ornamen yang cantik. Mungkin khusus pejabat :D. Dan satu lagi yang unik adalah sebuah gerbong dengan susunan kayu acakadut. Bukan, bukan acak-acakan tetapi rupa-rupanya tatanan kayu yang mencurigakan itu menurut diskusi dengan Pak Thomas adalah bekas tempat kunci-kunci dan peralatan untuk perbaikan kereta api. Ada bekas tempat kapak, bekas tempat cangkul, pisau dan segala macam peralatan atau bahasa sekarangnya toolset. Juga ada sebuah lemari yang mungkin digunakan untuk menyimpan barang-barang yang riskan seperti oli, dan lain-lain.
Kondisi terkini gerbong 'Magelang'
Gerbong peralatan

Berada di Museum Kereta Api, serasa membawa kita menerawang jaman kejayaan kereta api. Di dalam ruang pamer, berbagai peralatan ditampilkan mulai dari mesin hitung, peralatan stasiun, stampel, tongkat semboyan 40, dan lain sebagainya yang kesemuanya kuno! Selain itu, saat ini museum dilengkapi dengan papan informasi yang ditaruh memanjang di sebelah barat stasiun. Papan informasi tersebut menjelaskan kepada pengunjung tentang perkembangan kereta api di Indonesia.
Papan informasi yang masih dalam tahap finishing

Dan satu hal yang unik adalah adanya dua bangunan berbahan kayu berada di selatan stasiun. Mereka adalah bekas halte kuno salah satunya tertulis Cicayur. Halte berukuran sekitar 16 meter persegi itu nampak seperti warung bakso dengan sebuah loket sederhana. Saya pun bisa membayangkan jika beberapa halte yang selama ini dicari-cari oleh para pemburu bekas-bekas sejarah kereta api banyak yang tidak ditemukan sisa-sisa fisiknya. Ternyata bangunan-bangunan itu hanya sesederhana kayu sehingga akan lapuk ditelan masa... atau juga hilang dicuri orang.
Halte Cicayur

Kebetulan kami kehabisan tiket perjalanan kereta wisata pukul 10,00 dan pukul 12,00. Usut punya usut hari itu sedang ada kunjungan dari Kantor BKKBN sehingga mereka memenuhi kuota gerbong yang tersedia. Kami sebagai warga biasa pun akhirnya harus mengalah dengan mendapat tiket pukul 14,00. Mas Yoga sang pemrakarsa acara ini menjelaskan kepada saya bahwa saat ini sistem pertiketan adalah sama dengan sistem tiket kereta reguler. Yaitu dientri per nama sesuai dengan identitas dan dicetak sama dengan tiket kereta api biasanya.

**
Untuk mengisi waktu sembari menunggu kami akhirnya memutuskan untuk makan siang bersama di Warung Pak Eko dekat Lapangan Pangsar Sudirman. Dan setelah shalat dhuhur, akhirnya pukul 14,00 kereta kami datang! Dua gerbong tua berwarna hijau merupakan gerbong seri CR yang didatangkan dari Madura. Sementara penariknya merupakan lokomotif diesel kuno dari Cepu berseri D30124 buatan KRUPP Jerman.
Lokomotif Diesel Hidrolik D30124
Tiiiit.. bunyi sirine kereta api yang memekakkan telinga dinyalakan dan kereta kami segera berangkat. Jukjukjukjuk.. suara lokomotif terdengar jelas dengan kecepatan sekitar 30-40 km per jam. Kami yang duduk dibangku belakang merasa terkesima dengan suasana loko yang begitu jadul. Ohiya, pernah nonton film Tjokroaminoto? Dalam film itu tampil beberapa adegan yang mengambil setting di sekitaran Ambarawa dan Tuntang. Yaitu adegan perjalanan menggunakan kereta kuno, dan adegan menyanyi lagu Belanda didepan sebuah bangunan yang mana bangunan itu merupakan Stasiun Tuntang. Nah, hal itulah yang saya alami saat berjalan bersama kereta wisata ini. Dalam sekejap saya langsung merasa mirip seperti Reza Rahadian. #eh
Pemandangan Rawa Pening

Berada didalam gerbong CR, benar-benar merasa kembali ke masa lalu. Saya pun teringat dengan kisah seorang Belanda yang saya tulis pada paragraf pembuka tadi. Suasana gerbong ini unik. Gerbong kayu dengan tempat duduk dari kayu pula. Untuk  menutup jendela masih menggunakan sistem mekanik kayu. Kala jendela terbuka, mata dihadapkan pada pemandangan cantik persawahan dan luasnya Rawa Pening. Kereta melaju tidak terlalu cepat. Dan beberapa kali terasa saat roda gerbong menginjak sambungan rel sehingga menghasilkan irama unik. Jek jek.. jek jek.. jek jek.. tiiiit..
Bagian dalam gerbong CR

Setengah jam perjalanan, akhirnya kami sampai di Stasiun Tuntang. Stasiun ini berdasar pantauan saya sudah berbenah sejak tahun 2011 menyusul adanya berita rencana reaktivasi jalur kereta Kedungjati – Ambarawa. Menurut informasi yang saya dapatkan pula, bahwa pada tahun ini sedang diadakan pemasangan kembali lajur rel sepanjang Tuntang-Kedungjati. Informasi ini tertempel pada papan pengumuman yang memajang berita studi analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL) yang dikeluarkan oleh Badan Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Tengah.
Stasiun Tuntang tampak depan
Emplasement Stasiun Tuntang

Sejenak sang loko kepala kuning meninggalkan gerbong untuk memutar. Mungkin sekitar lima menit. Para pengunjung tidak bisa berlama-lama berada di Stasiun Tuntang karena begitu lokomotif dan gerbong tersambung kembali, maka kereta akan segera berangkat kembali ke Stasiun Ambarawa.

**
Program pemerintah untuk merevitalisasi Museum Kereta Api Ambarawa patut kita apresiasi. Langkah ini juga dalam rangka reaktivasi jalur kereta api Kedungjati – Ambarawa dan akan berlanjut hingga Magelang – Jogja nantinya. Saat ini suasana klasik tempat wisata masih dapat kita jumpai di Museum KA Ambarawa, bukan tidak mungkin jika suatu saat nanti stasiun ini kembali melayani trayek reguler maka akan semakin populer tapi disatu sisi juga akan membutuhkan perawatan yang lebih ekstra. Pembangunan beberapa bagian pelengkap di kompleks stasiun secara umum sudah baik, tetapi ada beberapa titik yang terlihat kurang selaras. Antara lain bangunan didekat parkiran yang gaya bangunannya mengambil bentuk modern sehingga jika ditinjau dari sisi keselarasan dengan bangunan BCB, maka tidak akan selaras. Lain halnya dengan musholla yang sedikit mengadopsi motif batu-bata sehingga kesan selarasnya timbul.

Selain itu, perlu disediakan lebih banyak tempat sampah terutama pada bagian koleksi lokomotif. Karena berdasar pantauan saya, ada banyak sampah yang sengaja dibuang oleh orang-orang tolol kedalam lobang-lobang di lokomotif tersebut.

Informasi : 
1) Kereta api wisata Ambarawa - Bedono/ Ambarawa - Tuntang PP berkapasitas dua gerbong dengan 80 penumpang

2) Kereta api wisata Ambarawa  - Bedono bisa dipesan dengan 10 juta rupiah per dua gerbong

3) Pesanlah tiket sesegera mungkin jika ingin menikmati kereta wisata Ambarawa - Tuntang supaya tidak kehabisan

4) Tetap jaga kebersihan dan jangan corat-coret di obyek wisata 

Salam #Beyondthetraveling #mblusukmen #tamasya90an #nglayapcah #salamkuwur! ;)

 

Foto lainnya
Salah satu lokomotif uap yang masih beroperasi


Piknik ala 90an dengan camilan 90an (gulai ayam, choco, cokelat jago, sempe, dll :D)

Add caption

Berfoto bersama fasad stasiun :D








 
Rel Ambarawa - Tuntang dengan latar belakang jauh Jalan Lingkar Ambarawa

Pemandangan sawah di tepi Rawa Pening

15 comments:

  1. Oh iya untuk bangunan halte tidak semuanya memiliki bangunan, ada yang cuma tanah tempat berkumpul ada yang cuma plang bertulis dan ada yang memiliki bangunan dari kayu

    ReplyDelete
  2. @Prima Utama : Wah gitu ya mas. Terimakasih informasinya. Salam

    ReplyDelete
  3. Hmmm, jadi dulu itu rute kereta apinya, Semarang - Ambarawa, Ambarawa - Magelang, dan Magelang - Jogja ya?

    Aku sih berharap banget jalur Magelang - Jogja dihidupkan lagi. Tapi ya nanti rel keretanya ditempatkan di mana ya? Kan rel yang lama sudah ditimpa pelebaran Jl. Magelang. Lagipula apa kereta masih bisa bersaing dengan Jl. Magelang yah?

    ReplyDelete
  4. @Wihikan :
    Betul sekali mas. Jadi Semarang - Ambarawa itu lewat Kedungjati karena kontur Semarang - Ungaran tidak mungkin dilewati kereta api.

    Kalau kereta api Magelang Jogja diaktifkan lagi, kemungkinan besar dari Secang lanjut selaras dengan jalur tol Bawen - Jogja. Setau saya sih gitu ;)

    ReplyDelete
  5. Setelah di renovasi.mang jadi makin keren ya stasiun ini cuma syang sekarang ga bisa naik keretanya lagi... mihil banget :(

    ReplyDelete
  6. tulisan I ♥ Ambarawa di mana itu mas?

    ReplyDelete
  7. @momtraveler : Iya. Kalau sempet coba deh nabung buat naik kereta. Worth it :D

    Nhe : itu di dalem kompleks Museumnya dong..

    ReplyDelete
  8. Naik kereta api baru sekali, belum pernah ke museum juga :-(
    Sepertinya harus mengunjungi museumnya.

    ReplyDelete
  9. @Nasirullah Sitam :
    segera di agendakan mas. Bawa sangu ya :D

    ReplyDelete
  10. bangunan stasiun cicayur itu adalah saksi sejarah yang tak akan pernah terlupakan bagi kami selaku masyarakat cicayur dan sekitarnya yang mengandalkan transportasi kereta api dalam menjalankan perekonomian. begitu banyak cerita didalamnya, hingga saat saya datang ke ambarawa untuk menengok kembali bangunan tersebut yang terlihat sangat berbeda dibanding dahulu namun tak menghilangkan semua kenangan tersebut.

    ReplyDelete
  11. prnah ke monumen palagan ambarawa ?

    ReplyDelete
  12. @Danang : pernah dong,, disini ada juga kok postingannya ;)

    ReplyDelete
  13. Itu yang gerbong isinya tempat alat2 itu kalo di istilah orang KA namanya gerbong penolong,dijalankan saat ada kecelakaan kereta,kalo orang KA bilang PLH ( Peristiwa Luar biasa Hebat ),,

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...