Thursday, May 2, 2013

Kupat Tahu, Sedapnya Lagi dan Lagii


Pasar Muntilan, 15 tahun yang lalu

Tiba tiba ingatan saya kembali sekitar 15 tahun yang lalu saat saya masih SD. Ya, seingat saya hingga saat ini, saya berkenalan dengan kupat tahu ini waktu saya masih SD dan sering ikut belanja ibuk ke Pasar Muntilan. Ibuk saya beberapa kali mengajak saya makan kupat tahu di salah satu sudut pasar.

Terminal Tidar Magelang, 6 tahun yang lalu

Bagi saya, tidak ada yang spesial tentang kupat tahu kala itu. Sepanjang SD – SMP, saya bahkan sangat jarang makan makanan itu. Hingga akhirnya mendekati usia saya yang ke 20 kemarin, saya kembali berjumpa dengan kupat tahu lagi. Saya berkenalan dengan Kupat Tahu Terminal yang sering saya sebut KTT. Kebetulan deket dengan kantor saya dulu sih. Citarasanya enak, dan satu yang saya suka, irisan bakwan dan porsi yang besar. Saya menyebutnya porsi kuli karena tempat kupat tahu yang bernama Goyang Lidah itu bersebelahan dengan kantor jasa kurir.

Harganya? Harganya murah, saya inget waktu itu satu porsi Cuma 4,500 saja. Terakhir saya kesana sekitar setengah tahun lalu harganya 6,000 per porsi. :)

Solo, 2008

Ya, saya akhirnya sadar sendiri ternyata kupat tahu itu makanan khas Magelang meski beberapa tahun yang lalu saya sempat beberapakali singgah di sebelah kantor PDAM Surakarta untuk menikmati kupat tahu Solo. Resepnya beda jauh. Kupat tahu Solo hanya terdiri dari kupat, tahu, bakmi kuning, kacang tanah bulet bulet, dan kecap. Saya inget harga per porsinya tahun 2008 itu 4,000 saja. :D

Blabak – Magelang, akhir akhir ini

Akhir 2010, saya diajak salah satu teman saya untuk menyantap kupat tahu 95 yang ada di Jl. Jenderal Sudirman, Karanggading Magelang. Pertama kali saya kesini, kupat tahu ini menurut saya berimbang rasanya dengan KTT. Sama sama cocok dengan lidah saya! Akhirnya kedua tempat itu jadi langganan saya deh.
Salah satu sodara saya, Iyan juga beberapa kali mengajak saya ke Kupat Tahu Pelopor Mbok Bakowi depan Stasiun Blabak, salah satu kupat tahu terkenal di Magelang yang sering disinggahi wisatawan. Saya menyimpulkan bahwa ternyata kupat tahu blabak ini rasanya sedikit berbeda dengan kupat tahu Magelang. Perbedaannya terletak pada kuahnya, dan kupat tahu blabak ini juga tidak dilengkapi dengan irisan bakwan dan kerupuk. 

Magelang, 27 - 28 April 2013
Sabtu kemarin, pacar saya Tika, berada di Magelang. Dan saya berhasil mengiming iminginya kupat tahu. Malam minggu yang sempat gerimis, kami menuju Magelang dan kupat tahu 95 langganan saya tutup. Oke, akhirnya kami menuju ke Jl. Tentara Pelajar yang merupakan sentra ‘the legends’ nya kupat tahu Magelang. Daan yang terjadi adalah semua kios sudah habis semua. Dengan geleng geleng, sekitar jam setengah 9 malam itu akhirnya kami menemukan penjual kupat tahu dengan gerobag di Potrobangsan, tepatnya di seberang Superindo Pahlawan. Oke, akhirnya kami pun menikmati kupat tahu ini. 

Kupat, tahu goreng garing, kubis yang di celup minyak panas sebentar, taburan seledri , bawang goreng dan taoge, bumbu kacang yang mantap, akhirnya berhasil kami selesaikan. Bahkan, Tika yang menurut saya makannya sedikit, itu habis banyaak. Waa :D Dua porsi dan satu gelas the Cuma sembilan ribu lima ratus rupiah!
Kupat Tahu 95, Magelang

Minggu siang, Tika masiih saja kepengen kupat tahu lagi. Akhirnya kami berhasil mendapati kupat tahu 95 yang buka. Hore! Dalam hemat saya, ini kupat tahu paling mantep di Magelang. Tika juga setuju kalau kupat tahu 95 ini lebih mantep dari yang pernah dia rasain tadi malam. Hahahaha.. Bedana, kerupuknya disajikan tersendiri di sebuah lepek. Dua porsi kupat tahu dan dua esteh 14 Ribu. 

Wawancara saya dengan Tika dan Iyan

Saya (S) : Apa sih yang kamu suka dari kupat tahu?
Tika (T) : Yang aku suka dari kupat tahu itu kuahnya soalnya manis manis ada kacangnya gitu, dan aku lumayan suka sama kacang.
S          : Jadi, boleh dibilang kamu cocok dong ya sama kupat tahu ini?
T          : Ya iyalaah
S          : Sebelumnya pernah makan yang kayak gini?
T          : Pernah sih, tapi nggak mirip mirip banget. Namanya Tepo
S          : Apa? Tepo? Apa itu Tepo?
T          : Ya, masakan di Ngawi. Hampir sama kayak gini, cuman bedanya kalo ini kan pake kupat, nah itu pake lontong, terus kacangnya tu nggak diancurin gini. Masih bulet bulet gitu. Oh iya, jadi kalo Tepo itu ya, kubisnya mentah. Aku lho baru tau ada kubis digoreng gini kalo di kupat tahu. Terus Tepo itu kacangnya Cuma buat topping doang, sama kedelai.
S          : (manggut2) . Oke deh, ajak aku makan itu kalo ke rumahmu :D


Saya (S) : Saya mau ngobrol soal kupat tahu sod, anda senggang?
Iyan (I)  : Hehe, bagaimana?
S          : anda tahu kupat tahu magelang dan kupat tahu blabak beda?
I           :  Oh iya sod, beda. Kalo kupat tahu blabak kuahnya lebih encer kalo magelang itu kentel karena kacangnya banyak. Begitukah?
S          : (ini nggak kebalik? ngmg dalam hati karena masih bingung) oiya, kupat tahu pelopor ada irisan bakwan nggak sod?
I           : Wah, tidak ada..
S          : selain daripada itu, citarasa gimana?
I           : hmm,. Kalau saya lebih miroso blabak. Saya pernah coba deket alon alon magelang, sambelnya kayak sambel pecel banyak kacangnya.
S          : Saya sendiri malah belum pernah di daerah alon alon. Katanya itu nenek moyangnya kupat tahu magelang lho
I           : iya, konon itulah kupat tahu legendaris magelang. Wkwkwk
S          : betul, saya kemaren kesana jam 8 malem udah habis sod
I           : wah, mantab. Kupat tahu memang mantab!
S          : Kayaknya lain kali anda mesti coba 95 sod. Kok saya masih mantepan 95 ya? Sedangkan anda, mantep blabak.
I           : Wah, sip.. hmm.. saya penasaran 95. Harganya berapa?
S          : sekitar 7-8 ribu sod. Saya tanggal 9 dirumah. Pelopor berapa?
I           : Ok. Pelopor 7 ribu sod.

Nah, jadi bagaimana? Kalau anda berkunjung ke Magelang, jangan lupa mampir untuk menikmati sedapnya kupat tahu Magelang ataupun Blabak. Rasanya sama sama enak kok :) dan yang pasti harganya juga terjangkau.. :)


5 comments:

  1. Jadi kesimpulannya 1 mas, kupat tahu Magelang emang paling enak...... hehehehe.....

    @Dimung Pamungkas

    ReplyDelete
  2. Setuju mas Dimung Pamungkas!

    Hehehe. Terimakasih kunjungannya :)

    ReplyDelete
  3. saya orang solo, saya pernah merasakan tahu kupat solo (tentunya..), tahu kupat magelang dan tahu kupat blabak...semuanya saya suka..apalagi stlh pindah jakarta..smuanya jadi tambah enak

    ReplyDelete
  4. @ dino saur : kupat tahu memang mantap sodara ;)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...