Tuesday, August 13, 2013

Cemue , Hangat yang Romantis


Saya benar benar tidak menyianyiakan sedikitpun kesempatan untuk mencoba berbagai macam makanan unik yang belum pernah saya jumpai. Cemue adalah salah satunya. Yaa, minuman hangat khas daerah Madiun dan sekitarnya ini tentunya layak untuk dicoba.

Malam musim kemarau selalu saja terasa lebih dingin bahkan dikawasan panas sekalipun. Akhirnya malam (5/8) itu selepas shalat tarawih saya diajak mba pacar menuju ke Pasar Paron untuk belanja lebaran  mencoba cemue. Saya sih beberapa waktu lalu pernah diceritain perihal minuman ini dan saya juga sudah sedikit lupa hendak mencobanya. Untung Tika inget. 

Berada di sebuah lesehan, semacem angkringan dengan tulisan cemue, kopi, jahe, yang ada di salah satu emperan toko selanjutnya menjadi tujuan kami. Kami pesen dua porsi cemue. Oke, cemue ini secara sederhana biasa saya anggap sebagai wedang roti. Yang memang belum pernah saya coba sebelumnya. Satu mangkok kecil berisi kuah santan manis dengan aroma campuran sari jahe, dengan potongan potongan roti tawar yang mengambang diatasnya. Selain itu, menu defaultnya pakai kacang tanah semacam ronde namun karena saya tidak begitu suka kacang kacangan ginian, saya pesen yang tidak pakai kacang. Slurrppp.. hangattt langsung semangat :D . rupa rupanya ada sedikit citarasa bawang goreng yang akhirnya saya ketahui bahwa ada sedikit campuran bawang goreng. Aneh sih pertamanya. Hehehee.. sedikit banget kok. Hampir nggak terasa. 
Ini dia penampakannya. Agak blur soalnya pakai Hape seadanya ;)

Untuk menikmati cemue yang hanya ada di malam hari ini cocok sambil ngobrol sembari mengemil gorengan. Satu porsinya dua ribu rupiah saja. Murah kaan? Jadi, tidak ada salahnya anda yang kebetulan singgah di kota kota eks karesidenan Madiun untuk menyempatkan menikmati minuman penghangat dan peromantis ini. Romantis sih kalo minumnya sambil ngobrol sama pacar yang udah lamaa banget nggak ketemu *hahahaa* *peace*

2 comments:

  1. masih suasana lebaran khan,
    jadi nggak apa2 kan kalo aku mohon dimaaafkan lahir batin kalau aku ada salah dan khilaf selama ini,
    back to zero again...sambil lirik kiri kanan nyari ketupat....salam :-)

    ReplyDelete
  2. sama sama mas ;) maaf lahir batin

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...