Wednesday, April 8, 2015

Daftar Bioskop Buka Tahun 2015 di Indonesia



source : www.21cineplex.com
Memasuki Tahun 2015 ini bisnis bioskop semakin semarak. Lihat saja para pemain industri ini bermain pada 2014 silam. Pemain utama jaringan Cinema 21 tahun lalu tengah sibuk meng-upgrade beberapa studio 21 nya menjadi XXI. Dapat dipastikan, selain membangun layar-layar baru, pada tahun ini upgrading ke XXI akan terus berlangsung. Beberapa tempat yang habis kontrak, akan dilanjutkan oleh manajemen baru dibawah kendalai Lippo Grup dengan Cinemaxx nya. 
source : FlickMagazine

Seperti yang pernah saya ulas, Cinemaxx tahun lalu membuka layar perdananya di Plaza Semanggi disusul kemudian Cinemaxx Palembang. Grup ini tampaknya tidak tanggung-tanggung menginvestasikan dananya untuk membangun bioskop. Bahkan, kota kecil seperti Ponorogo juga telah masuk dalam jaringannya dengan dibukanya Cinemaxx Ponorogo City Center beberapa waktu lalu. Blitz grup sepertinya juga tidak mau ketinggalan. Selain merenovasi Blitz Grand Indonesia dengan menambah kelas Gold dan Velvet, setidaknya masih ada 9 bioskop yang akan dibuka salah satunya di luar jawa.
source : www.blitzmegaplex.com
 
Selain itu, sukses dengan pembukaan bioskop di kota middle, yaitu Magelang dan Sidoarjo pada tahun lalu, Platinum akan membuka layar pertamanya di luar Jawa tepatnya di Paloppo Sulawesi dengan 3 hall.
Source : www.platinumcineplex.com

Tidak kalah, grup New Star Cineplex kini makin kuat menancapkan pengaruhnya masih di area Jawa Timur. Perlu diketahui, New Star tahun lalu membuka satu-satunya bioskop di Jawa Tengah yaitu di Kota Kretek, dan berhasil merehab bangunan bekas bioskop lawas di Banyuwangi. Pada 29 Januari tahun 2015 ini grup New Star yang biasa disingkat NSC kembali membuka bioskop keduanya di Madiun. Suncity Festival Mall dipilih sebagai tempatnya. Dengan embel-embel Premier, saya sendiri hingga saat ini belum berhasil mengunjunginya. Semoga dalam minggu-minggu ini ada kesempatan ke Madiun. Amin :D
New Star Cineplex Sun City Madiun. Source : beritamadiun.com

Satu lagi yang mencengangkan adalah, Gajahmada Theater yang rencananya akan dibuka di Tegal. Di kota yang merupakan ruas pantura Jateng itu beberapa waktu lalu telah tutup bioskop terakhirnya, Dedy Jaya Theater. Dan berdasarkan informasi yang saya dapatkan, Gajahmada ini akan menjadi konsep stand alone cinema yang akan berada di Jl. Gajahmada. Dugaan saya, bioskop ini akan menempati bekas bioskop Dewa. Untuk yang satu ini, saya benar-benar ingin mengunjunginya suatu saat nanti! ;) Harus!

Berikut ini adalah rekapan rencana pembukaan bioskop di Indonesia pada tahun 2015 ini.

Daftar Bioskop Buka 2015 (click to enlarge)
 Dengan semakin banyaknya pemain industri bioskop di Indonesia, semoga kedepannya tiket akan semakin terjangkau :D dan kita sebagai masyarakat bisa memiliki banyak pilihan untuk menonton film.


Hamid Anwar, dikutip dari berbagai sumber 

23 comments:

  1. wih, cinemax.
    gue kemarin waktu di fx sempet mampi ke cinemax..

    ReplyDelete
  2. @iJev :
    Sempet nonton nggak? Kalo nyobain cinemaxx yg gold/layar besar review yak :D

    ReplyDelete
  3. suamiku ada pegang kerjain cinemax...
    trus aku dapat voucher gratis 5 bijii

    ReplyDelete
  4. @ Gustyanita :
    aku mau voucher gratisnya :D bisa buat cinemaxx lain apa khusus Jakarta?

    ReplyDelete
  5. Pengen banget Blitz segera dibangun di Jogja.. Banyak film keren kan biasanya diputer.. :(

    ReplyDelete
  6. @Beby : Sebentar lagi buka. Tunggu saja :D :D

    ReplyDelete
  7. Yang di padang belum ada kabarnya ya??? Hmmm....katanya bakal ada cinemaxx di SPR Plaza padang? Berarti kira2 tahun depan ya? Btw padang belum punya jaringan bioskop 21, apalagi yg lain....huff

    ReplyDelete
  8. @Baba : Sementara belum ada informasi.. Tapi ada desas desis mendigitalisasi bioskop andalas? atau bioskop apa ya saya lupa..

    ReplyDelete
  9. kabar-kabarnya sih bakal ada bioskop di SPR Plaza sekarang. katanya pembangunannya abis lebaran... gak tau itu beneran apa hoax. trus juga katanya cinemaxx bakal buka di Padang Landmark Mall yg sekarang lagi dibangun. moga-moga aja bener.

    kalau bioskop lokal dipadang itu udh ada yg diupgrade jadi digital sejak 2013 lalu. bioskop raya padang itu studio 1 ama 2 nya udh digital, film yg lagi tayang sekarang aja ada FF7 dan avengers, ya walaupun penayangannya agak telat dibandingkan di XXI, kalo studio 3 nya masih pake konvesional jd film-filmnya udah pada basi semua.

    semoga aja XXI, cinemaxx atau apapun lah itu mau cepet2 buka di padang, kasian kota padang ketinggalan dibanding kota sebelah.

    ditunggu info selanjutnya ya mas hamid mengenai bioskop yg bakal dibuka di padang...hehehe... :-)

    ReplyDelete
  10. @Baba : Apa mas? Raya Padang masih beroperasi dan udah sebagian Digital? fotoin dong mas atau saya dikasih linknya. Penasaran :D hehe

    Terimakasih sudah berkunjung..

    ReplyDelete
  11. iya benar mas, masih beroperasi, htm nya jg udh naik menyamai XXI dengan kualitas yg jauh dibawah XXI

    ini ada link nya di fb :
    1. https://web.facebook.com/profile.php?id=100008638749412&fref=ts

    atau

    2. https://web.facebook.com/bioskopraya.padang.9?fref=ts

    semoga aja xxi buka thn ini di padang. heran aja kenapa xxi gamau buka di padang, dibandingkan kota disebelah nya xxi nya nambah terus...

    ReplyDelete
  12. @Steven: Ikuti saja informasi dari www.21cineplex.com, mas! :)

    ReplyDelete
  13. sekarang di padang baru proyek pembangunan cinema 21

    ReplyDelete
  14. Mas besok Surya Yudha Cinem Banjarnegara di kompelk Hotel Surya Yudha grand opening dengan 3 buah layar kapasitas kursi total 450an.. minta reviewnya yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok mas. Minta kontaknya ya. Tolong sms saya ke 085641446652 saya tunggu. Trims

      Delete
  15. Mas, mungkin ada info, kapan ya di daerah kami Kab. Bojonegoro Prov. Jatim ada cineplex-nya??? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara blm ada info bioskop buka di Bojonegoro, mas

      Delete
  16. Kalo di Kota Probolinggo Jatim apa ada info rencana bioskop yg mau masuk? Di sini ada 3 bioskop sih, cuman udah gak beroperasi semuanya. Suka heran juga, padahal kalo dilihat dari jumlah penduduk, Kota Probolinggo terbesar ke4 di jatim setelah surabaya, malang dan kediri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara ini blm ada info mas. Untuk lengkapnya bisa buka forum skyscrapercity di sub forum bioskop indonesia. Saya akhir akhir ini sdg tidak aktif..

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...