Saturday, April 18, 2015

Citra 21 Semarang resmi menjadi Citra XXI





Sebelum, credit malciputrasemarang.com
Persaingan bisnis bioskop yang semakin menggila akhir-akhir ini membuat grup 21Cineplex getol merenovasi bioskop-bioskop 21 nya menjadi XXI. Sebagaimana kita ketahui, brand 21 sejak 1987 memang merajai industri bioskop nasional. Jenis bioskop 21 yang dahulunya diperuntukkan sebagai bioskop unggulan pelan-pelan mereda pamornya seiring perkembangan jaman. Hingga akhirnya dibuatlah XXI dan The Premiere untuk mengakomodir kelas high end.
Sesudah . Credit 21cineplex.com

Dikota-kota besar saat ini 21Cineplex membangun XXI, The Premiere dan sebagian telah dilengkapi studio IMAX dan menggaet sistem audio termutakhir, Dolby Atmos. Beberapa studio 21 sedikit dari sedikit dipoles menjadi XXI. Tak terkecuali di Semarang.

Banyak yang mencibir Kota Semarang yang merupakan kota terbesar di Jawa Tengah ini, bioskopnya hanya segelintir saja. Hanya ada E-Plaza Cinema (3 Studio), Citra 21 (4 Studio) dan Paragon XXI (4 Studio). Kalah banyak dibandingkan Solo yang hingga kini tercatat memiliki 1 Grand 21, 2 XXI (Paragon dan The Park), serta Platinum di Harlem.

Saya sendiri sudah beberapa waktu lalu mengetahui tentang kabar Citra21 yang ada di Mall Ciputra Semarang tengah direhab untuk menjadi Citra XXI. Sejak rehab itu, kemarin (16/4/2015) saya baru menonton film Tjokroaminoto dan ternyata, voila!! Aksen-aksen merah-biru khas 21 kini sudah tergantikan dengan aksen cokelat-emas khas XXI. Box Office yang dahulunya masih jadul, yaitu dengan papan tulisan serta poster manual, kini sudah sama seperti di layaknya XXI.

Hanya saja, karena tempatnya yang cukup sempit, suasana lobby tampak sedikit dipaksakan dengan dihadirkannya Café/Refreshment sehingga terasa cukup sempit. Toilet kini dipindah dibekas ticketing terdahulu dan salah satu bekas toilet sekarang menjadi Studio 5. Ya.. kini jumlah studionya bertambah satu menjadi 5 studio. Studio 5 ini kapasitasnya sedikit. Hanya 84 kursi saja. Suasananya mirip dengan studio-studio kecil di E-Plaza. Yang kabarnya juga tengah menambah 1 studio lagi. (?)

Sementara itu, dari luar, tampak sign Cinema XXI dan deretan poster-poster yang memanjang dari ujung ke ujung. Fresh dan menarik!
Citra21 credit dotsemarang.com

Credit 21cineplex.com

Credit 21cineplex.com

Credit 21cineplex.com


10 comments:

  1. XXI jadi pilihan ya, soalnya lebih nyaman ketimbang 21 biasa.. :D

    ReplyDelete
  2. @Beby : Otomatis, sekarang di Semarang hanya punya 2 XXI, dan 1 bioskop lokal, E Cinema.

    Kurang ya.. :D

    ReplyDelete
  3. mas, citra 5 kursinya cuma 78
    baris A itu cuma 6 kursi
    beris B-G 12 kursi

    tambahan juga studio 1 - 4 kursinya dikurangi dari 220 kursi jadi 179 kursi
    barisnya dikurangi 1, paling depan dibuang, terus dulu kan sebaris 9 sama 10, sekarang jadi 8 sama 9..

    ReplyDelete
  4. Halo Jonathan,

    Terimakasih atas koreksinya dan juga tambahan informasinya..

    Salam cinemas. Hehhee

    ReplyDelete
  5. Koreksi dikit mas. Solo punya 3 XXI. Solo Paragon, Solo The Park, dan Solo Square. Hehehe :)). Tapi yang ada The Premiernya cuma di Solo Paragon sama The Park.

    ReplyDelete
  6. @Olga Aprilia :
    Oh iya.. Terimakasih kawan atas koreksinya.. ;) Saya belum pernah nonton ke Solo Square je :D

    ReplyDelete
  7. Jd sebenrnya 21 ama XXI ini sama ga perusahaannya? aku nonton 21 ato xxi, ga ngerasain beda apa2 sih mas.. kalo di jkt ya... sama aja... kalo mw dibedain ya ama Blitz megaplex, baru kerasa bedanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. 21 sama XXI sama-sama satu perusahaan yaitu Cinema21 / Cineplex 21. Bedanya segmentasi saja. 21 lebih ke menengah ke bawah dan filmnya kebanyakan Indo. Kalau XXI menengah ke atas dan biasanya box office. Kalau yg lebih elit lagi Premiere. Kalau blitz, nah baru beda perusahaan.. :D

      Delete
  8. Kalo di semarang ada premiere ga ya?

    ReplyDelete
  9. @Yoshie : Semarang belum punya Premiere. :D ke Solo aja atau Jogja duluu

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...