Wednesday, January 23, 2013

Bioskop di Jawa Tengah

Berikut ini adalah daftar bioskop di Jawa Tengah dan Jogjakarta yang saya tahu : hehehe

1. Studio 1,2 Sukoharjo
Lokasi ada di kawasan Pasar Sukoharjo. Pada masanya memiliki dua studio. Saat ini sudah tidak beroperasi lagi.
2. Atrium Sragen
Lokasi ada di  sebelah selatan Alon alon Sragen. Sekitar tahun 2008, masih beroperasi namun sekarang sudah tidak beroperasi lagi.
3. Solo Square XXI (Jaringan 21 - Solo Square)
4. Studio - Solo
Ada di Plasa Singosaren Solo. Sampai saat tulisan ini ditulis, saya masih saja belum sempat mengunjungi bioskop ini. Namun, jadwal filmnya tiap hari nongol di harian Suara Merdeka. Akhirnya saya sudah mengunjungi bioskop ini dan berhasil saya review disini *update 29 Januari 2014


5. Grand 21 (Jaringan 21 - Solo Grand Mall)

6. Empire XXI (Jaringan 21 - Empire Cinema Jogja)
Yang spesial adalah karena disini jumlah theaternya banyak, yaitu ada 6 theater
7. Studio 21 (Jaringan 21 - Ambarrukmo Plaza Jogja)
8. Indra
Lokasi ada di Jl. A. Yani dekat dengan kawasan Malioboro. Dan yang pasti sekarang sudah tidak beroperasi lagi
9. Permata
Lokasi ada di Jalan Kusumanegara Jogja. Baru saja sekitar satu dua tahun belakangan tutup. Padahal Indra dan Permata ini jadwal filmnya sebelumnya rajin nongol di harian Kedaulatan Rakyat
10. Reksa Theater - Salatiga
Lokasi ada di kompleks atrium Salatiga, Jl. Jenderal Sudirman. Kondisi sekarang sudah tidak beroperasi.
11.  Magelang dan Tidar Theater
Lokasi sebelah timur Alon Alon Magelang. Dua duanya merupakan gedung bioskop satu atap yang sudah tutup beroperasi sejak tahun 2011.
12. Temanggung Theater
Lokasi ada di sekitar Pasar Temanggung. Sudah lama tutup

13. Central Theater
Lokasi ada di Jl. A. Yani dekat dengan Kantor Bupati Temanggung. Sangat jelas berada di pinggir jalan dan bangunannya khas. Saya sampai sekarang belum ada waktu untuk menyempatkan memotret bangunan ini. Yang jelas sudah tutup lama.
14. Dieng Theater Wonosobo
Lokasi ada di Jl. Sruni, Kelurahan Jaraksari, Wonosobo. Pertama dan terakhir saya berkunjung bulan Juli 2012. Kondisi masih buka seadanya, dan menurut informasi sekarang sudah di rehab menjadi lebih modern dengan nama Dieng Cinema. Semoga dalam waktu dekat saya bisa berkunjung kesana! ;). Review saya bisa klik disini
15. Cahyana Theater Banjarnegara
Saya tidak tahu persis lokasinya, tapi kira kira ada di sekitar SMA 1 Banjarnegara. Karena sudah lama tutup, yang jelas menurut cerita teman saya, lokasinya sekarang katanya angker dan sering terjadi kecelakaan di sekitaran tempat tersebut.
16. Bralink Theater Purbalingga
Lokasi sekarang ada di Supermarket Indorisky. Jl. A. Yani Purbalingga. Saya baru tahu beberapa waktu terakhir dan you know, it is sudah tutup lamaa juga.
17. Bagelen Theater Purworejo
Lokasi ada di sekitar barat Alon alon Purworejo (anybody know?) saya belum pernah sama sekali mengunjunginya. Tetapi sekarang sudah tutup. Pada masanya bioskop ini adalah bioskop paling mewah di Purworejo.
18. Star Theater Kebumen
Lokasi ada di sekitaran bekas terminal Jl. Indrakila Kebumen. Tahun 2008an, bioskop ini masih buka, namun terakhir saya berkunjung ke Kebumen 2010 silam, ternyata sudah tutup.
19. Rajawali Theater 21 Purwokerto.
Setahu saya ini bukan jaringan 21. Tetapi, beberapa bulan lalu nyetelnya memang film film yang agak telat. Namun belakangan ini, film nya update terus. Tidak tahu apakah memang sudah bergabung dengan 21 atau mandiri? Yang pasti, bioskop ini walaupun secara eksterior dan interior kalah modern, tetapi kualitas dan manajemennya saya acungi jempol lima deh! Mantaappp. Ini review saya bisa klik disini
20. Dedy Jaya Theater  Brebes
Bioskop ini menyatu dengan Dedy Jaya Plaza. Belum sempat saya kesana, rupa rupanya bioskop ini kabarnya sudah tutup. Dan saya agak nyesel juga sih.
21. Marina Tegal
Kenapa marina? karena tempat ini saya inget betul waktu saya mbolang ke Tegal awal tahun lalu. Sebuah bangunan mangkrak sepertinya bekas plaza, dengan sebuah pintu layaknya pintu bioskop dan papan poster film. Langsung bisa saya tebak bahwa itu bekas bioskop.

Update 11 November 2015
Gajahmada Cinema Tegal, baca reviewnya disini
22. Wijaya Cineplex Pemalang
Bioskop ini sampai sekarang masih beroperasi. Tempatnya cukup nyaman, ruang tunggu bersih, interior mirip banget dengan studio 21. Namun kualitasnya jauh dibawahnya. Lokasi ada di Jl.(Saya lupa) dari arah Pasar Kota, ada BCA, maju dikit belok kanan. Ini review saya bisa klik disini
23. Borobudur Cineplex Pekalongan
Bioskop non 21 yang menyatu dengan Mall Banjarsari. Benar benar suasana yang ditawarkan mirip banget dengan studio 21. Nyaman, bersih... dan sayangnya cuma ada dua theater. Ini review saya bisa klik disini
24. Citra 21 (Jaringan 21 - Citra Land Mall Semarang)
25. Paragon XXI (Jaringan 21 - Paragon Mall Semarang)
26. E- Plaza (Kompleks Entertainment Plaza Semarang)
Bukan bioskop jaringan 21, tapi selalu update film. Memiliki pangsa pasar sendiri dan sampai saat ini saya terus terang belum pernah nonton disana. :D . *update 16 Februari 2014, review E Plaza sudah akhirnya sudah saya kunjungi. Baca reviewnya disini
27. Empire - Kudus
Saya masih ingat tahun 2010, saya ke Kudus dan melihat poster iklan film di dekat Matahari / Plaza Kudus. Ternyata sebelah Plasa ini ada bioskop yang ternyata juga tahun setelahnya (ternyata lagi) sudah tutup.

*Update Januari 2014. New Star Cineplex Kudus. Baca reviewnya disini
28. Ungaran Theater
Sudah tutup lama sekali. Saya malah baru tahu lewat cerita orang orang. Lokasi ada di seberang BRI Ungaran. Sekarang berdiri RM Lombok Idjo.

29. Platinum Cineplex Sukoharjo
Saya review disini :
Platinum Cineplex Solo *update 29 Januari 2014

Selain itu, pasti masih banyak bioskop lain yang saya belum mengendus keberadaannya, terutama bioskop bioskop yang sudah tutup dan berada di kota kota yang belum pernah saya singgahi.  Beberapa bioskop yang tidak saya tampilkan diatas adalah seperti bioskop bioskop di Kota Muntilan, sekitar Tempel Sleman, dan Bioskop di daerah Kendal. FYI, kota di Jateng yang belum saya uprek adalah Pati, Rembang, Blora, Wonogiri, Cilacap, Brebes.


17 comments:

  1. bioskop misbar ada kaga yah ??
    wkwkwk
    :D

    ReplyDelete
  2. semua bioskop dijogja mati semua kecuali studio 21.terakhir bioskop Permata msh ada nafasnya eh tp gak lama juga akhirnya mati

    ReplyDelete
  3. @AHP : wah sudah nggak ada mas. dulu di magelang ada.. hehe gerimis bubuar

    @rumputilalang : iya mas.. saya nyesel nih sekarang gara2 dulu nggak nyempetin nonton di permata.. sekarang udah nggak bisa lagi . huuuh

    ReplyDelete
  4. Salam Persaudaraan Kami dr Kab Batang Kunjungi Balik ya Blog saya

    ReplyDelete
  5. @Kab Batang : Thanks kunjungannya...

    ReplyDelete
  6. Seru banget blognya. Terutama tentang bioskop-bioskop ini.
    Itu yang foto Bioskop Singosaren Solo dari forum bukan ya, Mas? :D

    ReplyDelete
  7. Heheh.. makasih Mas Dimas Daniel..

    Betul mas, itu ada courtessy nya kan? itu dari skyscraper kalo saya nggak salah :D

    Terimakasih kunjungannya

    ReplyDelete
  8. Saya sempat mencoba bioskop Studio Singosaren Solo beberapa bulan lalu, Mas. Kondisinya sangat mengkhawatirkan. Filmnya jelas sangat terlambat terlebih mereka belum upgrade memakai proyektor digital. Hidup segan mati tak mau. Lobinya ramai, tapi kebanyakan hanya pengunjung yang numpang duduk saja. Tiketnya masih jadul yang macam tiket parkir itu (masih saya simpan). Lorong menuju studio gelap, suram, dan kumuh. Ada bapak-bapak tua yang jaga (kalau nonton sendiri di malam hari, horor kali yah).

    Mereka masih memakai proyektor lama. Suaranya 'kretek-kretek' selama pemutaran. Gambarnya... burem. Suaranya... nyaris tak terdengar. Mengenaskan. Satu-satunya yang positif adalah, kursinya empuk! Sebuah kejutan yang sangat manis.

    Oia, untuk Rajawali, mereka masih bioskop mandiri, bukan 21. Hanya saja, mungkin untuk pasokan film bekerja sama dengan pihak 21 :)

    ReplyDelete
  9. @Cinetariz : Wah, beruntung sekali anda pernah merasakan singosaren. Kemarin saya ke Solo padahal. Eh malah lupa mau mampir :(

    lain kali saya mampir deh sebelum hal hal yang tidak diinginkan terjadi (baca : tutup)

    Iya mas. Saya juga sudah denger info Rajawalinya. Saya sudah lama nggak kesana lagi. Pengen :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo berkunjung ke Rajawali Purwokerto Mas, kita nonton bareng :D

      Delete
  10. @Merry : oke, mungkin akhir tahun nanti ya atau awal tahun. Hehehehe..

    makasih sudah berkungjung

    ReplyDelete
  11. di Boyolali dulu ada 2 Bioskop Sono sudoro dan Boyolali theater terakhir kali nonton film Jackie Chan Who am i,

    dan di Salatiga malah ada 3.. Reksa, Atrium dan Madya theater.. terakhir kali nonton di Atrium film "Ada Apa Dengan Cinta"

    ReplyDelete
  12. mas Yudhi : terimakasih banyak atas tambahannya. Sayang sekali baik di Boyolali maupun Salatiga benar benar tidak ada yang tersisa. Semoga dunia perbioskopan meskipun lambat dapat bangkit kembali.

    Salam

    ReplyDelete
  13. betewe Solo Paragon XXI dan The Park XXI belum dimasukkin. Ditunggu reviewnya ya

    ReplyDelete
  14. @ Luthfi : Iya mas. Soalnya waktu bikin posting ini, Paragon XXI dan The Park XXI belum buka mas :)

    ReplyDelete
  15. Borobudur Cineplex Pekalongan Sekarang Ganti Nama menjadi Borobudur Cinema Pekalongan Min,
    Untuk Info Terbaru tentang Borobudur Cinema bisa dilihat di http://www.borobudurcinema.com/

    ReplyDelete
  16. @Borobudur Cinema ; Ok terimakasih atas informasinya. Salam

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...