Monday, February 25, 2013

Toys from Trash Innovation 2013


Merupakan kehormatan bagi saya ditunjuk sebagai salah satu dari tiga juri dalam ajang Toys from Trash yang digelar dalam salah satu rangkaian acara Tar-Q Science and Art 2013 menemani Pak Paulus Ari Yuono, S.Si dari Robotic Sains Club dan Pak Dwi Praja ST, dari SMK Armada Magelang. 
Mr. Dwi & Mr. Paul
Ya, acara yang di selenggarakan oleh SMP Tarakanita Magelang ini diantaranya dimeriahkan oleh pameran fotografi, drum band, dance, fashion show, pemutaran film karya siswa siswi SMP Tarakanita dan lain lain.
Pameran Fotografi siswa siswi
Tepatnya Minggu kemarin tanggal 24 Februari 2013 saya berkesempatan mengunjungi SMP yang gedungnya bernuansa kolonial banget ini. 
Suasana Selasar Sekolah, Belanda banget :)
That’s my first time to come here, dude! Acara pagi ini adalah Try Out seleksi masuk SMP yang diikuti oleh siswa siswi SD dari Magelang dan sekitarnya. 

Tepat pukul 10.00, adalah dibukanya lomba Toys from Trash setelah sebelumnya diadakan pembukaan secara simbolis dengan pemotongan tali balon oleh robot humanoid hasil kreasi tim robotik dan bersamaan dengan itupula kelompok drum band mendapat giliran untuk unjuk kebolehan di halaman sekolah. 
 
Toys from Art Innovation ini adalah lomba kreasi rancang bangun mainan menggunakan bahan bahan bekas. Penilaian dilakukan dengan melihat beberapa aspek yaitu :

-          -   Bahan yang digunakan harus 80 % menggunakan bahan bekas, dan 20% dapat menggunakan bahan          pendukung yang hanya bisa disediakan dengan dibeli. Total berat tidak boleh lebih dari 1,5 Kg
-         -    Kreativitas dan Estetika
-         -   Originalitas Ide
-         -    Latar Belakang Sains
-         -   Kemampuan Presentasi

Peserta lomba adalah dari siswa SD Kota/Kabupaten Magelang sebanyak 18 tim dimana satu tim dapat terdiri dari 1-5 siswa. Lomba dimulai dengan penjelasan teknis lomba oleh Bapak Joko dan dilanjutkan dengan penyelesaian bahan. Jadi bahan ini setidaknya sudah diselesaikan 50 % dirumah oleh masing masing peserta karena waktu yang tidak memungkinkan. 
Pengarahan oleh Pak Joko
 

HoverCraft
Kincir Angin atau Kipas Angin? Hehehe
Tepat pukul 11.10, kontestan diwajibkan menaruh hasil karyanya di ruang pajang sehingga dapat dinilai oleh dewan juri. Setelah penilaian dengan melihat langsung, dilanjutkan dengan sesi presentasi dan tanya jawab. Ada beberapa hal penting yang kurang dipersiapkan oleh peserta seperti Nuel, peserta dari SD Kristen Indonesia yang tidak mempersiapkan nozzle untuk permainan mobil tenaga angin sehingga waktu presentasi yang seharusnya diselesaikan dalam 5 menit menjadi lebih. 
Speedboat Presentasi
Kapal Uap Presentasi
Sistem Alaram Peringatan Kebakaran (Ini keren banget!)

Para siswa – siswi SD ini ternyata kreatif kreatif sekali. Rata rata dari mereka mengaku mendapat ide dari internet. Sisanya dari buku dan pengalaman bermain. Gaya presentasi dan persiapan materi pun cukup beragam. Ada yang terlihat kurang siap, dan ada juga yang dapat menjawab semua pertanyaan dewan juri dengan sangat memuaskan.
Perhitungan nilai
 Akhirnya tiba saatnya pengumuman juara lomba Toys from Trash Innovation ini sebagai berikut :
Para Juara berfoto bersama Bapak Liem Djien Haw (paling kanan) selaku  Komite Sekolah
 Juara I : Manuel Gracio Giarto dari SD Kristen Indonesia dengan karyanya Speedboat dari Gabus dengan pendorong kipas.

Juara II : Dave MQ, Melanie Ayu, Kirana Aurelia P, Kirana GS, dan T. David S, dari SD Tarakanita dengan karyanya Kapal Uap Little Funny Einstein berbahan gabus, dan kaleng bekas.

Juara III : Vera Prihastiwi, Samuel Triangga, dan Daniel Bagas Pratama dari SD Santa Maria, Tumpang dengan karyanya Kincir Angin dari kertas dan gabus bekas.

That’s all! Selamat ya kepada para pemenang dan sampai jumpa di event event selanjutnya :)

Kami tantang anda untuk event selanutnya :hehehe:

2 comments:

  1. Acara yang sangat menarik, khususnya untuk Toys From Trash Inovation sangat perlu untuk dikembangkan :)

    ReplyDelete
  2. @Binyamin Widi Prasetya : Betul pak. Bapak salah satu pengajar di SMP Tarakanita ya? Kalau ada even even bisa kontak saya untuk bimbingan teknis robotik. Hehehe.

    Terimakasih kunjungannya

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...