Wednesday, October 18, 2017

Akankah Kingsman Menyamai / Mengungguli James Bond?



Sudah dua tahun berlalu sejak instalmen Kingsman pertama di release dengan judul Kingsman : The Secret Service. Para penikmat spy movies pun setuju bahwa Kingsman pertama ini telah sukses mengembalikan marwah film mata-mata yang fun, layaknya era Sir Roger Moore dalam James Bond beberapa dekade lalu.

Sudah menjadi bahan pembicaraan umum bahwa trend akhir-akhir ini dalam film-film James Bond terakhir terkesan lebih serius, dengan racikan emosi cerita yang kuat sehingga unsur fun sedikit demi sedikit terkikis. Daniel Craig, memang di akui telah memberi warna baru pada karakter rekaan Ian Fleming tersebut. Ia sedikit demi sedikit terlibat dalam pengadeganan yang dalam, gelap, dan kelam tentunya. Beda dengan dua pendahulunya, Roger Moore dan Pierce Brosnan yang suka ‘bercanda’.
James Bond dalam Skyfall (2012) google

Banyak yang mengatakan bahwa film-film Bond terkini memang diharapkan bisa memunculkan sosok karakter yang lebih manusiawi, bisa sakit, bisa sakit hati, dan lainnya layaknya tokoh Batman dalam Tha Dark Knight, beberapa tahun silam. Namun, jika pun ada yang setuju, pasti ada yang kontra.

Hingga akhirnya Kingsman : The Secret Service hadir akhir 2014 / awal 2015 lalu sebagai jawaban atas kegelisahan penonton yang menginginkan film spionase terkini yang tetap mengedepankan unsur ‘bersenang-senang’. Kingsman, menceritakan agen muda dari Inggris, sama seperti James Bond, yang bernama Eggsy. Berbeda dengan James Bond yang rata-rata telah matang dalam kedewasaan, Eggsy justru berasal dari keluarga biasa yang dalam sopan santun maupun tindak tanduk memang masih kebocah-bocahan. Bengal.

Nyatanya, Kingsman pertama ini mendapatkan apresiasi yang baik dari para pecinta film mata-mata. Kingsman, yang merupakan agen swasta berbeda dengan MI6, dalam film ini mampu membekaskan ingatan penonton pada karakter-karakter yang ikonik seperti Eggsy, Harry (Galahad), dan Merlin.

Beberapa waktu belakangan, release pula sekuel dari Kingsman pertama berjudul The Golden Circle. Sebagai penonton yang merasa puas atas penampilan sang predesessor, Kingsman 2 ini menjadi menu wajib untuk di tonton. Adalah merupakan pertanyaan besar, apakah Kingsman 2 mampu mengungguli atau minimal menyamai Kingsman 1 yang memiliki standar tinggi dalam aspek-aspeknya. Penceritaan yang kuat, komedi yang kental, dan mampu membawa kita bersenang-senang dalam menonton spy movie.
Eggsy Unwin dalam The Golden Circle (2017) google

Setelah lebih dari 140 menit menonton, terjawab sudah bahwa Kingsman : The Golden Circle boleh dibilang sukses menjadi sekuel. Sutradara Matthew Vaughn tampaknya memang telah sukses meracik cerita spionase berbumbu romantika cinta, komedi dan kekerasan dengan sangat tepat. Kita merasakan beberapa adegan yang ‘James Bond’ banget dengan suasana maupun perlengkapan yang elegan khas British, seperti jas, mobil klasik, dan lain sebagainya. Bedanya, Eggsy yang merupakan agen utama, kali ini memang lebih muda, lebih fresh, modern dan kekinian dibanding Bond dalam beberapa seri terakhir.

Publik pun nampaknya akan sangat senang apabila Kingsman yang telah memiliki karakter-karakter kuat tersebut bisa dilanjutkan serinya. Masih banyak plot plot yang bisa dikembangkan dalam cerita, dan masa depan Kingsman pun sepertinya bisa terus berkembang seiring berjalannya waktu.
 
Akankah Kingsman masa depan muncul sebagai franchise spionase yang akan menyamai – atau bahkan mengungguli kesuksesan James Bond? Mari kita tunggu saja.

4 comments:

  1. Aku belum nonton yang kedua. Kemarin pas masih tayang antara pengen bangte sama ragu bakal over expectation. Aku suka banget sama yang pertama soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus nonton. Yang kedua meski paruh awal sedikit menjemukan. Hanya sedikit, lho. Tapi film ini nggak kalah keren dari yang pertama.

      Delete
  2. saya baru tahu malah ttg film ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokoknya kalau udah pernah nonton Kingsman 1, maka film ini sebisa mungkin jangan dilewatkan. hehehe

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...